Dokumentasi

Dokumentasikan Pengalaman Hidup ke dalam Sebuah Blog ft. DomaiNesia

The Nativestalker at Gunung Papandayan

Di era digital seperti saat ini, sebagian besar pengguna internet suka banget sama yang namanya berbagi, atau lebih kerennya kita sebut sharing. Kegiatan sharing ini mencakup segala hal, mulai dari informasi, berita, sampai aktivitas pribadi yang dibagikan lewat akun media sosial. Jadi, nggak cuma kalangan public figure aja yang bisa share aktivitasnya secara online, karena dengan kecanggihan teknologi saat ini memang memungkinkan semua orang untuk ‘berbagi’, termasuk kids zaman now yang paling minimal punya akun media sosial seperti WhatsApp atau Instagram.

Sebetulnya nggak ada yang salah dari kegiatan sharing ini, majunya teknologi internet dan media sosial memang sangat memungkinkan tiap-tiap orang untuk berbagi informasi dan cerita. Meskipun pada kenyataannya masih banyak pengguna internet (netizen), khususnya netizen lokal yang menyalahgunakannya. Seperti untuk menghujat orang lain, sharing informasi hoax dan lain-lain. Itulah kenyataannya, kemajuan teknologi bisa diibaratkan seperti pisau bermata dua, mampu memberikan dampak positif dan negatif tergantung siapa dan bagaimana cara menggunakannya.

Dengan aktif di dunia maya ini masih banyak hal positif yang bisa kita lakukan dan berdampak luas. Bahkan hanya dengan sebuah tulisan, kita bisa ‘memengaruhi’ orang, berbagi pengetahuan, pengalaman dan segala macam ajakan yang pastinya dalam hal kebaikan. :) Nah, soal berbagi tulisan, cara yang menurut gue paling asyik adalah lewat sebuah personal blog.

KENAPA HARUS LEWAT BLOG SIH, JANG?

Begini, kalo bicara soal blog, banyak keseruan dan pengalaman yang gue dapet. Padahal, dulu gue masih inget banget pertama kali ngeblog itu jaman sekitar tahun 2010 dan pure karena keisengan semata, pernah juga sih curhat (hehe). Pertama kali ngeblog pake platform Blogspot karena taunya cuma itu dan gratis. Kontennya random aja gitu, lama-kelamaan gue bisa dapetin banyak pengalaman dan pelajaran berharga cuma lewat ngeblog. Bisa punya banyak relasi hingga rekan bisnis. Bagi gue, sekedar disapa pake nama lengkap saat ada kopdar atau suatu event kayak “Oh, ini Ijal Fauzi, ya?”, itu simply keren banget. :))

Blog Ijal Fauzi

ijalfauzi.blogspot.com – Blog pertama yang sudah lupa password dan kontennya dihapus secara sepihak oleh google, mungkin karena kontennya ngga bermutu :’)

MIGRASI DARI BLOGSPOT KE WORDPRESS

Beberapa tahun kemudian gue migrasi dari Blogspot ke WordPress, bisa dibilang WordPress ini CMS sejuta umat nih kayaknya. Selain lebih keren karena pakai domain sendiri, dulu alasan gue migrasi karena dengan menggunakan platform WordPress gue bisa ngerasa lebih ‘leluasa’ dan ‘berkuasa’ atas segala konten yang gue punya, beda saat pake Blogspot, karena bisa dibilang kita itu ‘numpang’ sama Google, yang namanya numpang kita harus tunduk sama aturan dan ketentuan mereka. Nah, dengan WordPress ini, kita yang memegang kendali segala sesuatunya. Meskipun sedikit lebih rumit, kayak harus beli nama domain dan sewa hosting sendiri. Apalagi waktu itu susah nemuin Hosting untuk pemula. Jujur, dulu bagi gue yang awam, migrasi ke WordPress itu sulitnya minta ampun. Bermodal nekat sama tutorial di Youtube aja. Mulai dari ngurus domain, hosting, setup database, dan lain-lain. Beda dengan sekarang, ada cara yang gampang banget buat mulai ngeblog. Serius, Jang? Iyee, gue jelasin kok dibawah ini nanti. 😊

LAHIRNYA IJALFAUZI.COM

Setelah beberapa proses gue lalui, hingga akhirnya jadilah ijalfauzi.com ini, sebuah blog personal yang bisa menjadi wadah untuk mendokumentasikan perjalanan dan pengalaman gue selama hidup. Alasannya sederhana sih, karena gue orangnya memang suka banget cerita tentang hal-hal yang pernah gue alamin, khususnya ke orang-orang terdekat. Tapi, terkadang saat gue cerita, suka ada bagian yang terlewat dan miss karena lupa. Itulah mengapa gue suka menulis, (meskipun jarang, hehe), supaya ngga ada alur cerita yang terlewat saat flashback. Nah, dengan adanya blog ini, cerita yang dibuat ke dalam tulisan bisa didukung dengan gambar dan media lain yang menghidupkan tulisan setiap tulisan yang gue buat. Dan juga, dengan mendokumentasikannya kedalam sebuah blog, gue bisa berbagi kepada pembaca blog gue, yaa minimal ada sedikit informasi atau ilmu yang bisa kalian dapat setelah baca tulisan gue.

blog ijal fauzi

Logo ijalfauzi.com

Karena belakangan ini gue tertarik sama kegiatan luar ruang (outdoor activities), kayak mendaki gunung atau sekedar jalan-jalan. Gue kepikiran untuk mengisi blog ini dengan dokumentasi perjalanan gue. Mau jadi travel blogger, Jang? Duh, masih jauh banget atuh itu mah kayaknya. Gue berandai bisa ngisi blog ini dengan semua keindahan alam Indonesia dulu. Dokumentasi pribadi tentang Negeri kita yang keren! That’s the thing that I really want and I had a dream about it. Does it mean I’ll get it soon? Aamiin, doakan ya!

THE NATIVESTALKER NOTES

Gue berniat mengganti nama blog ini dengan nama baru, yang terlintas dipikiran gue saat itu adalah The Nativestalker Notes. Wuih, kok ada stalk-nya? Bukan, bukan stalking mantan atau gebetan, kok. Maksud dari stalk ini adalah ‘kepoin’ atau mencari tau. Tentunya ngepoin tentang keindahan alam Indonesia, berbagi cerita dan pengalaman, mengajak para pembaca untuk ngga cuma sekedar meng-explore tapi juga bisa aware dan memperhatikan aspek kecintaan terhadap lingkungan sekitar kita. 😊 Semoga bisa konsisten, terus berjalan dan terealisasi dengan lancar.

Brand new logo - The Nativestalker

Brand new logo – The Nativestalker

NATIVESTALK PREVIEW

di Hutan Mati - Gunung Papandayan

di Hutan Mati – Gunung Papandayan

Pendakian Gunung Papandayan - April 2017

Pendakian Gunung Papandayan – April 2017

 

Gimana? Tertarik buat punya blog juga? Tertarik sih, tapi males ah nanti ribet, Jang. Hishhh, mending tonton dulu video yang gue buat ini! 😉

#NATIVESTALK - 5 MANFAAT MEMILIKI BLOG FT. DOMAINESIA

 

 

YUK NGEBLOG!

Gimana, udah nonton videonya? Yup, seperti yang gue jelasin di video itu, dengan memiliki sebuah blog pribadi banyak banget manfaat yang bisa kita peroleh, diantaranya:

  1. Menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan
    Dengan memiliki sebuah blog, kita bisa menuangkan ide yang kita punya kedalam sebuah tulisan. Kita bisa membagikan segala cerita dan kegelisahan kita kedalam sebuah blog yang bisa kita jadikan rumah kedua.
  2. Memperluas relasi dan ajang promosi diri
    Kita bisa memperoleh teman baru dan tak terbatas. Dan apabila kita memiliki kemampuan khusus, seperti mampu membuat suatu karya kita juga secara tidak langsung bisa mempromosikan diri lewat blog.
  3. Web & Blog tak lekang oleh waktu dan zaman
    Jika dibandingkan dengan media sosial, blog lebih longlasting (ciyeee). Seperti kita tau, media sosial sering kali tergantung pada trend / zaman, sedangkan website atau blog akan terus ada.
  4. Membangun citra positif
    Untuk yang ini sebetulnya tergantung dari apa yang kita bagikan lewat tulisan, apabila itu hal-hal kebaikan maka para pembaca juga akan memberikan penilaian yang positif.
  5. Bisa menghasilkan uang (*)
    Dengan memiliki blog, memungkinkan kita untuk memperoleh penghasilan. Yaa, meskipun untuk poin yang ini nggak mudah juga. Tergantung usaha masing-masing empunya blog. :)

SERIBU SATU CERITA BERSAMA DOMAINESIA

Disamping itu, untuk memiliki sebuah blog kita harus punya Domain & Hosting. Kalo kalian tertarik untuk mulai ngeblog atau Membuat website sendiri, gue rekomendasikan buat pake layanan hosting terpercaya dari DomaiNesia. Gue bisa ngasih rekomendasi karena gue juga pake layanan ini. Kenapa? Sejauh ini, dari pengalaman gue menggunakan layanan dari penyedia hosting sebelumnya, DomaiNesia yang terbaik. Pernah gue pake sebuah layanan hosting terkemuka, dari segi fitur memang bagus juga, tapi pelayanan dan support-nya kurang. Buat gue yang juga pernah mengalami jadi orang awam dan pemula soal domain & hosting, saat gue dapetin pelayanan yang kurang bagus tentunya bakal kabur. Apalagi saat mengalami masalah teknis dan responnya lama, duh nggak banget. Ibaratnya lo nge-chat, tapi di read doang euy, sedih. :(

Keunggulan Domainesia

Keunggulan Domainesia

Sampe akhirnya gue pake layanan DomaiNesia, udah masuk tahun kedua dan gue senang dengan pelayanannya. Sederhananya gini, kalo udah tersedia fitur yang baik ditambah pelayanan dan support yang asyik, wah udah dah sikat aja itu! :D Apalagi saat kalian butuh bantuan, langsung di respon dengan cepat. Kebayangkan gimana senengnya hati saat gebetan bales chat kita ga pake lama? Wuzzzz :))~

NGGAK PERCAYA BETAPA FAST RESPONNYA TIM DOMAINESIA? CHECK THIS OUT!

Tim Support Domainesia

Nggak cuma di read, tapi dibalas dalam less then 5 minutes. Woah!

FITUR INSTANT DEPLOY DOMAINESIA

Fitur Instant Deploy - DomaiNesia

Fitur Instant Deploy – DomaiNesia

Di DomaiNesia tersedia fitur Instant Deploy, sebuah fitur yang memungkinkan kita membuat sebuah website atau blog dengan hanya hitungan menit, loh! Jadi, kalo kalian merasa awam dan nggak ngerti cara bikin blog jangan kawatir. Ngga percaya? Nih simak gambar berikut:

Instant Deploy

1. Kunjungi https://www.domainesia.com/apps/ lalu pilih WordPress untuk membuat blog

Instant Deploy

2. Isi data sesuai dengan yang kalian kehendaki

Instant Deploy

3. Masukkan Troli

Instant Deploy

4. Jika sudah memiliki akun domainesia bisa langsung proses ke pembayaran

Instant Deploy

5. Selesaikan Pembayaran, dan selesai!

Kalo langkah-langkah diatas udah selesai, kita akan mendapatkan SMS dan Email pemberitahuan. Bayangin, dengan biaya minimum sektiar Rp396.000,- kita udah bisa punya blog sendiri. Dan kalo selesai melakukan pembayaran, kita langsung bisa memulai setup untuk blog kita sendiri! Yeay!

Dengan semua keunggulan dan nilai plus yang ada di DomaiNesia, gue terbayang betapa asyiknya The Nativestalker Notes dan blog kalian nanti saat pake layanan DomaiNesia. Uhuy! Gampang banget kan? Jadi, tunggu apalagi? Ayo tuangkan ide-ide keren yang kalian punya ke dalam sebuah blog yang keren! Jangan lupa tulis dikolom komentar ini kalo blog kalian udah jadi ya! :)

Cheers!~ ^_^

You Might Also Like

8 Comments

  • Reply
    Kopiah Putih
    November 23, 2017 at 5:06 am

    Saya sepakat sama semua manfaat yang Ijal sebutkan di atas. Sudah saya alami semua.
    Selamat datang kembali di dunia blogging, Jang! :D

    • Reply
      Ijal Fauzi
      November 23, 2017 at 7:44 am

      Nah, ini sebuah testimoni langsung dari blogger yang aktif ngeblog.
      Semoga terus konsisten ya, thank u spiritnya mas! :)

  • Reply
    Erha
    November 24, 2017 at 1:37 pm

    Ihirr.. Akhirnya makin matep juga di DN. :)
    BTW, font size di form komentar besarin dong, gw sampai harus nge-zoom buat nulis komentar ini. Warna teksnya juga kurang kontras jadi agak sulit terbaca.

    • Reply
      Ijal Fauzi
      November 25, 2017 at 9:32 pm

      Iyadong :)
      Buka via apa, Riz? Japri screenshootnya dong. Kalo warna font size emang agak kurang nih, nanti diperbaiki. Thanks! ;)

    • Reply
      Ijal Fauzi
      December 4, 2017 at 11:35 pm

      Btw, is it better now? :D

  • Reply
    Bayu
    November 29, 2017 at 12:08 pm

    Ntaps …

  • Reply
    Werda Sari
    December 3, 2017 at 9:59 pm

    domainesia banyak panduannya cuy. Panduannya keren2 cocok buat newbie kek ane. Apresiasi nih buat domainesia yang menyediakan banyak tutorial dari yang simpel sampe yang teknis.

    • Reply
      Ijal Fauzi
      December 3, 2017 at 10:12 pm

      Yup, betul.
      Terima kasih sudah berkunjung. :)

Leave a Reply