Opini

Konflik Indosat dengan Bekasi Terkesan Berlebihan

Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi
Taman Kota Bekasi

Taman Kota Bekasi

Masih ingatkah kalian dengan tayangan secara live di TV acara resepsi pernikahan pasangan artis Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina? Atau live report kelahiran anak pertama pasangan Artis Anang Hermansyah dengan Ashanty beberapa waktu lalu? Ya, tayangan itu ngga sedikit menuai pro dan kontra, baik dari kalangan sesama public figure maupun dari kalangan warga biasa. Eits, postingan ini bukan buat ngebahas lagi masalah itu, tapi tentang sebuah konflik yang muncul baru-baru ini antara warga Bekasi dengan salah satu provider ternama di Indonesia, yaitu Indosat.

Beberapa hari yang lalu, media sosial (khususnya Facebook dan Twitter) kembali ramai dengan adanya konflik antara warga Bekasi dengan Indosat. Hal ini berawal dari sebuah iklan viral yang terbitkan oleh pihak Indosat yang ternyata konten dari iklan itu menyinggung sebagian warga Bekasi. Penasaran dengan konten dari iklan itu, gue langsung browsing dan baca beberapa berita di media online dan mendapati iklan yang dimaksud, seperti ini: “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi”.

Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi

Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi

Bagi sebagian orang hal ini terlihat seperti hal biasa aja, toh maksudnya juga bukan buat jelek-jelekkin Bekasi, kan? Tapi, kalo kita liat dari bentuk kalimatnya, memang seperti ada makna yang tersirat disitu. Kalimat “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi” menggambarkan kalo liburan ke Bekasi lebih sulit dari ke Aussie, dan sebagian orang menganggap ini hal yang menyinggung warga Bekasi.

Hal ini ngingetin gue tentang hal yang hampir serupa beberapa lalu, saat Bekasi, tanah kelahiran gue (azeekk! :p), jadi bahan bully-an di media sosial dengan meme-meme yang mendeskreditkan Bekasi sebagai kota yang macet, panas, ribet, ngga asik dan lain-lain. Lu belom pernah liat meme yang gue maksud? Nih, lu liat-liat aje sendiri ye.

gambar-meme-papa-mau-ke-bekasi

Meme Papa Pergi ke Bekasi

bekasi-jalan-rusak

Meme Jalan Rusak Bekasi

gambar-meme-anak-jakarta-dan-bekasi

Meme Bekasi

gambar-meme-bekasi-seakan-akan-diluar-bumi

Meme Bekasi

meme cowok bekasi

Ini sih curhat kayaknya, ya?

Sebenernya, ini jelas pihak Indosat duluan yang melakukan kesalahan, tepatnya kesalahan si pembuat iklan viral itu. It looks like there’s no good words for your ads banner. Atau ini emang pihak Indosat aje yang mau nebeng sama nama Bekasi yang belakangan ini lagi tenar di media sosial ye? Entahlah, yang jelas konflik ini memang berawal dari kesalahan mereka. Sekarang kita bisa liat respon dari warga Bekasi sendiri (atau ada juga orang yang bukan orang Bekasi tapi ikut-ikutan? ^_^) , khususnya yang aktif dan eksis di media sosial, mereka yang ngga terima tanah kelahirannya secara ngga langsung dihina oleh pihak Indosat itu ngga mau kalah untuk balik mencaci provider yang kebanyakan dipake kalangan remaja labil ini. Bagi gue yang emang orang asli Bekasi, ngga perlu dijelasin lagi juga udah jelas ngga terima kota kelahirannya dikata-katain. Ibaratnye lu punya rumah, tapi tiba-tiba ada orang lewat buang 1 kantong sampah kehalaman rumah lu, jelas ga terima, kan?! Berkenaan dengan masalah ini, pihak Indosat sudah memutuskan kontrak dengan tm pembuat iklan soal Bekasi ini. (Baca: Indosat Putuskan Kontrak dengan Tim Pembuat Iklan soal Bekasi)

Tapi, bukan berarti perlakuan buruk harus dibales sama perlakuan buruk juga, atau bahkan lebih buruk dari yang lebih buruk (?) Buat gue, kalo ada yang nyindir atau mencaci pihak Indosat di media sosial itu masih wajar dan masih bisa diterima, karena ngga munafik juga sih gue kadang-kadang mengumpat di media sosial kalo provider modem yang gua pake mengecewakan. Masih wajar kan ye? Tapi ternyata, ada sebagian warga Bekasi yang punya cara lain buat numpahin kekesalannya atas kelakuan pihak Indosat ini. Dilansir dari Republika.co.id, telah terjadi penimpukkan tomat ke kantor Indosat. Dan karyawan yang ada didalam kantor panik, sebagian juga malah update di media sosial (dasar -_-). (Baca: Demo Iklan Lecehkan Bekasi, Kantor Indosat Dilempari Tomat Busuk).

Bro, ini anarkis. Ngga sepantasnya hal kayak gini dilakuin, masih banyak kan jalan keluar yang baik buat selesain konfliknya? Kalo emang cinta Bekasi, tunjukkin cara warga Bekasi yang keren, bukan kayak gini yang malah memalukan nama Bekasi, jatohnya blunder kalo gini. Eh, ternyata ngga cuma warga Bekasi, pihak Indosat juga melakukan blunder dengan adanya akun robot dan buzzer di twitter yang membela pihak Indosat. (Baca: Akun Robot dan Buzzer Redamkan Kecaman Netizen Bekasi Terhadap Indosat). Pfftt, masih ada aje yang beginian.

Sebenernya, dari media yang gue baca, pihak Indosat uda minta maaf sama salah satu pihak yang mewakili Bekasi. Namun, hal ini dirasa belum cukup oleh sebagian warga Bekasi, karena memang ini bukan konflik Indosat dengan 1 orang aje. Sebagian besar warga Bekasi berharap pihak Indosat minta maaf sama semua warga Bekasi secara terbuka, disiarin di media supaya semua orang bisa tau. Bagi gue ini perlu dilakuin sama Indosat, mengakui kesalahan yang dibuat mereka sendiri.

Terus apa hubungannya sama paragraf pertama tulisan ini? Nah, menurut gue ini salah satu efek dari siaran-siarang langsung itu, siaran langsung pernikahan, siaran langsung kelahiran dan lain-lain. Nanti sekalin aja dibuat siaran langsung artis di pagi hari, pas lagi liburan, pemakaman dan lain-lain biar tenar, ye?

Apapun itu, gue harap masalah ini bisa diselesaikan secara baik. Indosat bisa intropeksi dan berhati-hati dalam mengiklankan produknya, dan pelajaran buat warga Bekasi supaya ngga ngelakuin hal kayak gini lagi ye. Zaman udah modern, pola pikir jangan tradisional.

Salam hangat buat semua warga Bekasi! ^_^

You Might Also Like

  • Adjie
    January 14, 2015 at 10:49 am

    Aku rasa hal tersebut sebagai bahan introspeksi lah untuk pemkot Bekasi, agar lebih memajukan infrastruktur yang kurang baik.

    • Ijal Fauzi
      January 14, 2015 at 2:36 pm

      Iya sih, sekarang Bekasi makin keren Ji :))

    • iilajah
      January 21, 2015 at 12:15 am

      setuju,, jangan dilihat dari yang negatifnya aja ^_^v

    • Lupa Nama
      May 18, 2015 at 9:46 am

      setuju banget, harus hal yang begituan dijadikan pedoman buat kedepannya harus gimana

    • Lupa Nama
      May 18, 2015 at 9:46 am

      setuju banget, harus hal yang begituan dijadikan pedoman buat kedepannya harus gimana….

  • giewahyudi
    January 14, 2015 at 2:28 pm

    Masih belum ngerti foto alun-alun kota Bekasi itu maksudny apa? Bantuan dari Indosat?

    • Ijal Fauzi
      January 14, 2015 at 2:41 pm

      Bukan >_< Aku suka aja sama fotonya mas, jadi ditaro diatas hehehe.

  • Aziz Amin
    January 14, 2015 at 6:48 pm

    Tenang Bro, walaupun Bekasi Panas, Sebelahnya Planet Mars, dan Harus naik Roket untuk sampai ke Bekasi. Tapi gue akui, cewek-cewek Bekasi keren-keren :) :D

  • ILHAM
    January 14, 2015 at 8:06 pm

    waah wah.. aktual dan tajam nih :D

  • Christina A. S
    January 14, 2015 at 8:42 pm

    wuah, kantor indosat dilempar tomat busuk masih untung, coba warga bekasi rame2 pindah provider dari indosat ke provider lain, haha :v

  • nafilata
    January 14, 2015 at 11:33 pm

    mungkin ya karena udah sangking emosinya, kota tempat tinggalnya selalu dijadikan bahan ledekan, sampe bawa-bawa tomat. Itu kira-kira pegawai indosat yang asli orang bekasi gimana ya, ikut protes apa terima aja ya :D

    siaran langsung artis di pagi hari, pas lagi liburan, pemakaman ini juga udah pernah semua lho ditayangin ditipi. :v

  • Firstandy
    January 15, 2015 at 8:43 pm

    Iklan indosat sebenernya bukan mau ngeledekin bekasi, tapi mau ngepasin kata ‘Aussie’ dengan ‘Bekasi’

    Salam kenal ya sob

    • Ijal Fauzi
      January 15, 2015 at 10:18 pm

      Iya, pihak dia juga sempet jelasin itu katanya emang cari “rima” (akhiran kata) yang sama gitu, Aussie dengan Bekasi. Salam kenal :)

  • nindya
    January 15, 2015 at 8:43 pm

    Jadi inget pas joke ‘Bekasi’ masih trend hahaha. Sampe dibuat banner iklannya.
    Maklum aja kalo warga bekasi pada emosi, tempat tinggalnya dibikin guyonan bombastis gitu
    Gue kalo jadi warga bekasi sih, gabakal cuma lempar tomat. Mantan juga gue lempar :v

  • Kopiah Putih
    January 19, 2015 at 12:10 pm

    Geli dengan meme-nya.. :D
    Terus endingnya gimana Jal?
    Sudah-kah pihak Indosat minta maaf??

    • Ijal Fauzi
      January 19, 2015 at 1:05 pm

      Haha, yaa begitulah mas.
      Alhamdulillah katanya sih sudah selesai masalah ini :D

  • arip
    January 19, 2015 at 2:13 pm

    Mungkin ini masuk strategi marketing juga. Tapi bosen ah sama topik Raffi-Gigi dan Bekasi.

    • Ijal Fauzi
      January 20, 2015 at 12:32 am

      Iya, sempet duga gitu juga sih. Eh iyasih masalahnya udah clear sekarang, maapin kang ini baru aktif ngeblog lagi, hehehe.

  • Rullah
    January 19, 2015 at 3:35 pm

    Provider tersebut sepertinya sudah khilaf :-D

  • Pakde Cholik
    January 20, 2015 at 6:19 am

    Membuat iklan memang harus hati-hati agar tak bersinggungan dengan masalah SARA dan SARU
    Terima kasih ulasannya yang menarik
    Salam hangat dari Surabaya

    • Ijal Fauzi
      January 20, 2015 at 9:12 am

      Betul Pakde, kali ini sepertinya lebih ke masalah SARU ya.
      Terima kasih Pakde, sudah sempat kunjungi blog saya :)

  • dewitya
    January 20, 2015 at 6:17 pm

    padahal ada yang lebih jauh dari bekasi hehehe

  • Akhmad Muhaimin Azzet
    January 22, 2015 at 10:53 am

    Iya, Sob, semoga segera bisa diselesaikan dengan baik.
    Kalo bisa dibikin asyik, kenapa dibuat repot.

    • Ijal Fauzi
      January 22, 2015 at 5:21 pm

      Alhamdulillah sudah clear, Pak Azzet.
      Thanks sudah mampir ^_^

  • Alid Abdul
    January 22, 2015 at 1:02 pm

    Bukannya uda minta maaf secara terbuka jal???
    btw theme kita sama ^^

    • Ijal Fauzi
      January 22, 2015 at 5:03 pm

      Iya mas, sudah diselesaikan beberapa hari lalu alhamdulillah. Iya, aku pas ke blogmu juga liat sama, cuma blogmu udah di modif beberapa tampilannya :P

  • hlga
    January 23, 2015 at 8:03 pm

    syukurlah konfliknya udah berakhir ya.
    karena yang berlebihan itu juga gak baik hehehe

  • f_nugroho
    January 31, 2015 at 4:39 pm

    good news is not news. ketika lagi pada panas pemberitaan memang pasa. tapi kalo pas maaf-maafan dan setelahnya, udah ga menarik lagi utk diberitakan :D

    • Ijal Fauzi
      January 31, 2015 at 8:31 pm

      memang bro, ini kan postingan beberapa hari lalu :/

  • Aisah K
    April 15, 2015 at 4:33 pm

    Mungkin tujuan awalnya untuk menyamakan bunyi aussie ma bekasi :)

  • Jefry Dewangga
    April 18, 2015 at 2:22 am

    Hemm iya juga sih, aku juga sampe sekarang masih bingung jal itu orang-orang di medsos ngapain juga sih ngebullly orang bekasi. :3

    Ohya btw ane mau tanya itu fungsi tab pingbacks buat apa ya jal? :D

    • Ijal Fauzi
      April 18, 2015 at 2:22 pm

      Weh, orang mana ini udah lama ga keliatan? :p
      Pingbacks gunanya nanti munculin kalo ada situs lain yang nyantumin link postingan ini dalam postingannya.

  • Opik
    April 29, 2015 at 3:05 pm

    Setuju banget sama kata2 ini “Zaman udah modern, pola pikir jangan tradisional” tapi kadang memang banyak orang yg kebablasan juga si ga pikir panjang sebelum berbuat atau berkata & bukan cuma bekasi kayanya yg pernah dibully kota2 lain juga pernah terutama di twitter