Opini

Monodualisme

Manusia ditakdirkan sebagai mahkluk monodualisme, yaitu keadaan dimana manusia menempati dua kedudukan. Kedudukan pertama adalah manusia sebagai makhluk individu, dan yang lainnya adalah makhluk sosial. Menurut saya, kita bisa saja menjadi makhluk yang individualis karena saat didalam liang lahat pun kita akan sendirian. Tetapi bisakah kita tidak menjadi makhluk sosial ? Kita tidak akan pernah bisa hidup tanpa pertolongan orang lain, tetapi kita pasti pernah ingin sendiri dan jauh dari orang lain, apapun penyebabnya keinginan itu pasti ada.

You Might Also Like

  • Claude C Kenni
    March 5, 2012 at 10:39 am

    Dari lahir, manusia udah butuh bantuan orang lain, dan hendaklah kita juga menjalani hidup tanpa melupakan hal itu, hehehe

  • Nona Enno
    March 5, 2012 at 2:36 pm

    wah… bener bgt tuh.. tapi beneran deh baru tau saya arti kata monodualisme hehehe

    nice inpoh jal… ^_^

    • Ijal Fauzi
      March 6, 2012 at 2:45 pm

      Iya, wah senang bisa memberi info yang mba eno belum tau, hehe.

  • Blog Reot
    March 5, 2012 at 2:37 pm

    sekalipun manusia bisa individualis, hanya pada saat2 tertentu, suatu saat pasti membutuh kan orang lain

    • Ijal Fauzi
      March 6, 2012 at 2:46 pm

      Tepat sekali mas rizky, sampai kapanpun manusia ngga akan bisa lepas dari takdirnya sebagai makhluk monodualisme.

  • die
    March 5, 2012 at 3:01 pm

    Yah, begitulah manusia. Bukan hanya monodualisme, tapi juga stereo :D

    • Ijal Fauzi
      March 6, 2012 at 2:46 pm

      Stereo? apalagi tuh, om ? Baru denger nih saya

    • die
      March 7, 2012 at 1:35 pm

      Kadang-kadang, manusia bisa berubah menjadi mahluk yang paling mengerikan. Bahkan lebih kejam dari binatang buas. Saat-saat seperti ini, sebutan sebagai mahluk monodualismenya menurut saya sudah hilang tetapi sudah menjadi ‘stereo’, bisa segala-galanya.

    • Ijal Fauzi
      March 8, 2012 at 3:33 am

      Hmmm jadi “stereo” yang dimaksud seperti itu, iya sih emang bener. Haha, semoga aja tetep monodualis dan “stereo” nya bisa dihilangkan secara perlahan.

  • randy oktaran
    March 5, 2012 at 3:30 pm

    namanya manusia jal,anyway silauuuuuu banget jal sumpahh :P

    • Ijal Fauzi
      March 6, 2012 at 2:47 pm

      Yap, emang sengaja gua kasih warna gold sama black bang, biar pada melek yang baca, biar ngga cuma asal komen, wkwk

    • Ijal Fauzi
      March 7, 2012 at 11:31 am

      Sengaja bang, biar pembaca pada melek semua ngga cuma asal komen, wkwkwk ngeles.

  • bagi bagio
    March 6, 2012 at 1:52 pm

    Yups… Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain.
    Meskipun terkadang Kita sendiri bisa melakukanya tanpa bantuan orang lain, tapi
    masih ada banyak hal yang tidak dapat Kita kerjakan sendiri.. Hwehehe

    • Ijal Fauzi
      March 7, 2012 at 11:32 am

      Tepat banget mas, kesimpulannya adalah manusia ngga bisa lepas dari sifat sosialnya meskipun punya sifat individualis.

  • Ijal Fauzi
    March 6, 2012 at 2:43 pm

    Wah, ngga selalu karena wanita kan? Masih banyak lagi.
    Thanks, ngga silau ya :p ?

  • naspard
    March 6, 2012 at 6:51 pm

    wah gak kebaca tuh jal jelasnya, masa saya musti baca di postingan dasbor >,<

  • Feby Andriawan
    March 6, 2012 at 9:59 pm

    Waw, tumben lo jadi bijak gini bro? :D
    Bner2 inspiratif.

  • Trisna N
    March 7, 2012 at 11:23 am

    biarpun manusia itu sebagai makhluk monodualis ,tapi manusia telah di takdirkan menjadi makhluk sosialisme,jadi tidak akan terpisahkan.tapi masih banyak manusia yang egois ,hanya mementingkan kepentingannya sendiri ,tapi ada kalanya juga untuk menolong orang lain.

    Info menarik,cocok untuk pelajaran sosiologi maupun Pkn

  • Bunga Mesa Ananda
    March 7, 2012 at 3:31 pm

    Begitulah manusia. Kalo lagi di wc jadi mahkluk individu, kalo udah keluar wc jadi makhluk sosial…

  • Dhani
    March 8, 2012 at 4:05 am

    ya manusia jal memang gitu, tapi gua lebih suka menyendiri lho jal :p

    • Syndicate OS a.k.a Arif Rahman
      March 8, 2012 at 6:05 am

      Sehati sama mas Dhani
      :D

    • Ijal Fauzi
      March 8, 2012 at 1:32 pm

      Iya bang, kalo bang dhani udah keliatan banget suka menyendiri, hehe agak misterius ya.

  • Mbah Qopet
    March 9, 2012 at 2:59 pm

    adakalanya manusia ingin menjadi seorang yg individualisme ada kalanya jadi seorang yg sosial juga , ane pun kadang begitu ^_^