Opini

Kenaikan Harga BBM dan Hubungannya dengan Kegalauan Siswa

Kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM sudah menjadi topik hangat yang sering dibicarakan di media cetak maupun elektronik, terlebih masyarakat juga tidak jarang mengeluhkan membicarakan tentang kebijakan pemerintah yang konon akan dimulai pada tanggal 1 April 2012 ini.

Tolak kenaikan BBM

Tolak kenaikan BBM

Rencana kebijakan tersebut terungkap dalam dokumen Nota Keuangan dan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun Anggaran 2012, Rabu (07/03/2012). Dalam nota tersebut, Pemerintah menulis belanja subsidi pada tahun ini diperkirakan mencapai Rp. 273,15 triliun, melonjak Rp. 64,3 triliun atau 30,8 persen dari alokasi Rp. 208,85 triliun di APBN 2012. [1]

Di postingan kali ini saya bukan ingin mengkritik, unjuk rasa atau bahkan melakukan tindakan anarkis (bagaimana caranya ya?). Lalu apa? Di postingan ini saya ingin mendokumentasikan beberapa celotehan teman saya, mengenai kenaikan BBM kali ini sekaligus sedikit beropini.

Adakah pengaruh kenaikan BBM dengan kegalauan siswa / mahasiswa ?

“BBM naik ntar berguru sama wiro sableng biar di ajari terbang, kan lumayan tuh kalau bisa terbang jadi gak usah beli BBM, wkwkwkwkwk…”


Deny E. Wicahyo / Mahasiswa / Murid wiro sableng

“galau? iya kali, BBM naik, bahan pokok naik, harga makanan cafe / resto naik, yg mau ngajak makan / jalan jadi mikir dulu, buat yg ngga punya pacar juga bisa jadi galau kalo harga parfum naik, ngga laku2 deh #lolzz…”


Ladida / Mahasiswa / Tukang parfum

“ada.

1. mahasiswa yang berpacar bakal lebih berpikir dalam mengantar, menjemput, serta mengajak pacarnya kenan menggunakan kendaraan.

2. mahasiswa yang sedang dalam keterlambatan menuju kampus, jika di tengah jalan kendaraannya kehabisan bensin dan dia tidak bawa dompet, terpaksalah dia ngulang matkul tersebut tahun depan.

That’s all”


Datafaogo Stevanus / Mahasiswa / Mahasiswa berpacar

“ada, yang punya pacar semangat ngapel di malam minggu menurun sekitar 68%, ini tentu sebuah langkah awal untuk penjombloan massal..”


Ramy Dhia Humam / Siswa / Koordinator penjombloan masal

“gue anak kos, ga perlu naek angkot ke kampus. gue LDR, ga ada jam buat satnite sama pacar. gue masak sendiri, hemat. buat kegalauan, dari lahir gue udah galau, gue cewek apa cowok”


Funy Alfiani / Mahasiswi / Cewek atau cowok ?

“bisa jadi karena tingkat galau mahasiswa jamn skrg diliat dr tangki bbm di motor/mobilnya..tangki penuh urusan cinta lancar..”


Debrina Intani / Mahasiswi / Distributor tangki

“banyak donk
negatif:
angkutan entar “ngetem”nya lebih lama
terus mesti SPP naik dah
positif :
Mungkin sepeda kayuh lebih sering digunakan”


Nasrul / Siswa / Kernet angkot

“tarif angkot naik . Ngenes bgt bagi saya yg pake angkot”


Teguh Budi / Mahasiswa / Sopir angkot

“gue uring2an,ya mikir dua kali ato sms dulu siswanya wkwkw,kalo gak daatang kan rugi diongkos haaha”


Randy Oktari / Mahasiswa / Guru privat yang galau

“buat siswa, kalo BBM naik nanti ongkos naik, makanan di kantin ikutan naik, sedangkan uang jajan gak di naikin sama orang tua. terus nanti di sekolah mau makan apa? makan angin? ya kali gue Spongebob ‘_’

gue juga LDR, satu pertanyaan gue. kalo BBM naik harga pulsa ikutan naik apa enggak? kalo naik, maka gue galau.
sekian”


Rizky Noorrahmi / Siswi / Mba-mba kantin

1 pertanyaan itu saya lontarkan di 3 grup facebook yang saya rasa nyaman untuk berdiskusi dan mengenal anggota-anggotanya. Sebenarnya bukan cuma 10 orang saja yang menjawab, tapi ini saya sortir beberapa saja. Berdasarkan jawaban diatas, sepertinya tidak ada satupun yang mengindikasikan sebuah dukungan terhadap kebijakan ini. Disini, saya memposisikan diri sebagai siswa SMA yang uang saku masih di kasih orang tua. Soal naik atau tidaknya uang saku, itu terserah, saya tidak terlalu memperdulikannya. Jadi, sepertinya tidak ada dampak langsung bagi saya, kecuali harga jajanan yang kemungkinan ikut naik seiring dengan naiknya harga BBM.

“Nyesek adalah pak SBY bilang ‘April Mop! BBM ngga naik’ di tanggal 1 April nanti”


@Knnhrdja / Siswi / Korban april mop tahun lalu

Kesimpulan

Terima saja kebijakan dari pemerintah, pasti mereka sudah mempertimbangkan segala sesuatunya. Saya rasa, mereka juga tidak mau menaikkan harga BBM tanpa alasan. Kita sebagai masyarakat, setidaknya berikanlah sedikit kepercayaan kita kepada mereka. Buat pemerintah, jagalah amanat dan kepercayaan dari masyarakat, itu perbuatan mulia kok. Saya bukan pro, saya juga bukan kontra, saya bingung saya ini apa.

Sumber dan referensi

You Might Also Like

  • OmaGue
    March 21, 2012 at 7:16 pm

    Pertamaxxxx gak ya?
    hehehe… Murid wiro sableng, bersama eyang sinto gendeng hkhkhkhkhk

    • dhenycahyoe
      March 22, 2012 at 5:51 pm

      wkwkwkwk… promosi atuh jal, biar banyak yg kenal kalau blog gua udah ganti, hahaha….

  • naspard
    March 21, 2012 at 7:20 pm

    gua udah komen yak bang. wkwkwwkkw
    entah deh gua mah aslinya ikutan. cuman kadang jengkel juga kalau emang labil gini

  • bagi bagio
    March 21, 2012 at 7:28 pm

    Hmm… BBM masih Normal aja, dimana2 udah pada GALAU!!!
    Rencana BBM mo naik… udah banyak yang PINGSAN!!!
    Menjelang Malam 1 April.. apalagi????
    Aw.. Aw… Aw…
    Yaach.. mo gimana lagi?
    Kalo Pemerintah aja maunya begitu, sepertinya mo Protes udah dicuekin deh.
    Kalo Ayas siy mending pasrah aja, mo naik gak masalah… mo turun malah Alhamdulillah!!!

    Karena semua itu udah ada perencanaan dan pertimbangan2 yang matang.
    Tinggal Kita yang dituntut semakin bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi masing2…
    PizZZZZ,,,,
    ^_^

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 1:47 am

      Iya mas, kita tinggal bisa patuh aja sama “kebijakan” pemerintah ini. Meski memang berat, tapi mungkin inilah yang terbaik. :D

  • Teguh Budi
    March 22, 2012 at 12:21 am

    kalau efek positifnya/manfaat lebih banyak , ga masalah dinaikin

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 1:54 am

      Apa aja tuh bang? Iya menurut saya juga gitu.

  • Mas Gemboool
    March 22, 2012 at 12:36 am

    BBM naik harga makanan di kantin kampus ikut naik, nah… siapa yang dirugikan? GUE lah… ckckkck

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 1:54 am

      Sisi positifnya, kita bisa jadi bawa bekal makanan dari rumah, lebih sehat, lebih murah :D

  • Uzay ^,^
    March 22, 2012 at 2:59 am

    Biasanya sih kalau BBM naik, ujung-ujungnya semua komponen ikut-ikutan naik, yang udah -udah gitu..

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 3:24 am

      Kita lihat saja tanggal 1 April nanti :)

  • Ramy
    March 22, 2012 at 3:00 am

    koordinator penggalauan massal XD

  • 1mmanuel'Z-Note5
    March 22, 2012 at 3:33 am

    hahhaha…. gokil tuh blogger yang komen soal april mop… itu mah bukan nyesek, tapi berkah… hahhahaha

  • Dihas Enrico
    March 22, 2012 at 4:03 am

    semoga dengan naiknya BBM bisa muncul bahan bakar alternatif yg imajinatif…..
    misal sampah jd bahan bakar tungku…
    :P

  • dunia DEE intan
    March 22, 2012 at 5:27 am

    kenapa harus tanggal 1 April??niat banget ya ngerjain rakyat pas april mob???

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 11:23 am

      Haha, itu cuma selingan aja :p

  • randy yang penting share
    March 22, 2012 at 7:20 am

    1april mgkin mau april mop an upsss anyway jgn naek lah,urusan cinta juga naek hehe,anyway komentnya aq masuk juga asek2

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 10:12 am

      Nyeh, si abang kasian bener cintanya ngga naik-naik, wkwkwk.

    • randy yang penting share
      March 22, 2012 at 3:54 pm

      wwkkw gak naek2 haha ,maklum lagi krismon

    • Ijal Fauzi
      March 22, 2012 at 4:05 pm

      emang urusan percintaan ada krisis nya juga ye bang?

  • Adjie Purbojati
    March 22, 2012 at 10:40 am

    mau jajanin si Dhilla jadi pikir2 dulu kalo harga sembako naik .. :-D
    bayarin gak yaaa ….
    #justkidd

  • Mas Jamal
    March 23, 2012 at 2:04 am

    Wah jadi ada ide nih buat nulis artikel di blog terinspirasi dari tulisan di sini. Pastinya kocak, hahaha…

    • Ijal Fauzi
      March 23, 2012 at 7:25 am

      Hahaha, silahkan mas, saya tunggu postingannya :) Senang bisa menginspirasi, wkwkwk.

  • hanif
    March 23, 2012 at 9:43 am

    haha, lucu2 mas komentsar2nya, saya suka yg bensin abis, ngulang makul tahun depan. akakaka.

    • Ijal Fauzi
      March 23, 2012 at 10:45 am

      Iya, itu semua emang hasil wawancara ngga langsung di grup, hahaha.

  • Kopiah Putih
    March 23, 2012 at 9:45 am

    Saya tertarik dengan Komentanya mas Nasrul.
    Kira-kira beneran gag ya, kalo BBM naik, SPP juga malah naik??

    • Ijal Fauzi
      March 23, 2012 at 10:46 am

      Ya, kemungkinan sih gitu, tapi apa hubungannya SPP sama BBM ya?

    • Kopiah Putih
      March 25, 2012 at 12:20 am

      Hahaha..
      Ya itu dia masalahnya.
      SPP itu kan, Sumbangan Pembinaan Pendidikan dan BBM itu Bahan Bakar Minyak.

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 12:24 pm

      Mungkin hubungannya adalah, kenaikan harga BBM membuat gaji guru semakin sedikit, lalu SPP dinaikan. Hmm

  • Syndicate OS
    March 24, 2012 at 2:55 pm

    kenaikan BB harus di iringi dengan kenaikan uang jajan :D

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 5:21 am

      Apakah itu sebuah keharusan? Hahaha

  • Ladida C
    March 24, 2012 at 5:58 pm

    yg terakhir soal april mop itu bikin ngakak deh XD

    btw kenapa saya tukang parfum bang? –“

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 5:23 am

      Haha, iya itu emang bener bang. Soal tukang parfum…….. sesuai sama pendapat masing-masing, kalo yang bicarain parfum, berarti tukang parfum :p

  • Endi
    March 25, 2012 at 7:04 am

    kalau saya, dikarenakan saya menggunakan angkutan umum, maka pasti saya kepikiran dan sedikit terbebani Jal, mana kampus saya jauh lagi:)

    #namanya mahasiswa sebenarnya tidak galau lagi, karena mahasiwa baiknya memiliki pikiran yang dapat memilah-milah ketika ada suatu problem yang terjadi:)

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 12:30 pm

      Ya, seharusnya memang begitu bang, bukan malah bertindak anarkis semaunya, padahal kaum terpelajar ya.

  • indra shoko
    March 25, 2012 at 9:34 am

    pacaran jdi berat di ongkos deh..
    all hasil pacaran jalan kaki -_-

    pulang pergi kampus jadi gak cukup 20k deh #deritagw

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 12:30 pm

      Shok, emang lu punya pacar ya :/ ? :p

    • indra shoko
      March 25, 2012 at 2:28 pm

      punya gak ya…

      tuh tomcats #eh

    • Ijal Fauzi
      March 25, 2012 at 4:26 pm

      Modusan mu gimana kabarnya :p ?

  • TORAYASURABAYA
    March 26, 2012 at 12:11 pm

    Wkwkwk Ngakak katanya si ladida
    #Lolzz

  • Rama88
    April 2, 2012 at 12:30 pm

    BBM udah kelar jal,, wkwkkw, jgn galau lagi,, :D

  • aji inside
    April 6, 2012 at 7:40 am

    BBM hanya naik jadi 6ribuan aja diprotes… tapi yang harga rokok 10ribuan/lebih rela dibeli terus-terusan….. anak mudaaaa

  • Andre Pandet Rank Khoerai
    April 10, 2012 at 4:25 am

    hohoho..bbm gak jadi naik ijal…hhehe..:D

  • RacHieL KuN
    April 16, 2012 at 4:15 am

    BBM april MOP.. kwakwk..
    X_X sorry telat.. baru dtng lge…

  • die
    April 17, 2012 at 4:02 pm

    Ditunda…ujung-ujungnya naik juga…

  • Daun Sirsak
    April 23, 2012 at 7:36 am

    Suka pusing kalau membahas pemerintahan Indonesia yang tek kelar kelar permasalahannnya.. Apalagi yang kasus BBM ini.. Apa sieh keinginan negara Indonesia, Gax ada kemajuan melainkan kemunduran yang ada.

  • Naturalzine
    April 30, 2012 at 11:28 am

    yaaah,, beginilah mekanisme pemerintahan indonesia, asal orang² pemerintahan tetap masuk uang lebih, semua di halalkan ,,, hehehhe

    nice post gan :D

  • onesetia82
    April 30, 2012 at 7:14 pm

    ditunggu update-nya mas … ;)
    btw ni blog kenceng banget mas …

  • Karyaku UMY PIMNAS 2012
    May 4, 2012 at 2:41 am

    Bagus tuh komentarnya bang ladida.. Seandainya saya ikut menjawab. pasti mejeng disana..hehe

  • Septine
    May 4, 2012 at 2:58 am

    Betul itu, bisa membuat anak kosan mengurangi porsi makannya. jadi terpaksa gk bisa biayain pacarnya, putus deh. haha

  • yAhyA
    May 6, 2012 at 3:15 pm

    jangan buru2 ahh..
    dan klo bisa, jangan sama sekali. nyesek.