Disaat Blog Menjadi Sasaran Spamming

Beberapa hari yang lalu saya sempat dikejutkan oleh sebuah hal yang terjadi pada blog saya. Hal itu berawal saat saya sedang jam istirahat sekolah, saya browsing menggunakan sebuah telepon seluler yang saya miliki. Saya membuka blog saya dan saya temukan hal yang tidak biasa saya dapatkan, yaitu spam komentar. Ini pertama kalinya saya mendapati spam komentar di blog saya, lalu saya hentikan browsing dengan telepon seluler saya dan berniat untuk memeriksa secara jelas dengan PC saya dirumah.

Sesampainya dirumah, ternyata benar, saya dapati bahwa artikel terbaru blog saya terdapat spam komentar. Tidak berhenti disitu, saat saya menuju ke artikel sebelumnya, saya juga mendapatkan hal yang sama. Hmmm, satu lagi pengalaman yang belum pernah saya alami sebelumnya.

Komentar Spam

Komentar Spam

Mungkin sebagian orang sudah tahu apa yang dimaksud dengan kata spam, tapi tidak menutup kemungkinan ada yang belum tahu apa itu spam. Spam adalah mengirimkan pesan secara bertubi-tubi dengan menggunakan perangkat elektronik tanpa dikehendaki oleh si penerimanya (korban spam). Kegiatan spam sering disebut spamming, dan orang yang melakukan tindakkan spamming disebut spammer. Secara umum, bentuk spam yang dikenal diantaranya : spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam pesan instan, spam jejaring sosial, spam surat elektronik dan spam blog seperti yang saya alami saat ini.

Tujuan kegiatan spamming biasanya untuk promosi barang, untuk menguasai suatu mesin pencari, untuk mencari popularitas suatu URL tertentu dan masih banyak lagi yang tidak berguna dan tidak berhubungan sama sekali dengan artikel atau apapun yang dibahas dalam sebuah weblog.

Apapun bentuknya, spamming adalah kegiatan yang merugikan bagi korbannya. Beberapa waktu lalu saya pernah bercakap-cakap tentang web hosting lewat yahoo messenger dengan mas Iskandaria pemilik KafeGue.com. Salah satu isi percakapan itu menyatakan bahwa semakin banyak jumlah komentar yang masuk, maka space hostingan yang digunakan oleh sebuah blog atau website akan berkurang, dari situ saya ambil kesimpulan bahwa spam bisa merugikan pemilik blog yang menggunakan jasa web hosting, seperti wordpress. Bagi saya yang menggunakan mesin blogspot, spamming itu tindakan yang menjengkelkan. Bayangkan, artikel yang anda buat adalah membahas tentang blogazine tapi komentar yang masuk adalah tentang produk pengental sperma. Bagaimana perasaan anda? Mungkin sedikit lucu, meski tidak merugikan saya secara materil tetapi tentu saja menjengkelkan. Disamping itu, saya juga harus menghapus komentar spam itu dengan alasan kenyamanan pembaca blog ini.

Setelah hal ini, saya juga tidak langsung mengambil jalan pintas untuk lari dari spamming dengan cara memberikan moderasi komentar atau verifikasi kata (captcha) pada form komentar blog ini, tetapi menurut saya itu bukan cara yang efektif, karena pembaca blog sering bermasalah dengan verifikasi kata, terutama yang menggunakan telepon seluler untuk browsing. Saya sangat menghormati siapapun yang berkunjung atau berkomentar kesini, dan apapun isi komentarnya, karena menurut saya pengunjung harus disuguhkan dan diberikan kenyamanan.

Jadi, untuk sementara ini saya belum punya solusi yang tepat untuk masalah spam komentar ini. Disamping itu, saya juga bersyukur karena telah bertambah lagi pengalaman saya, karena ini pertama kali saya mendapatkan spam komentar yang jumlahnya mencapaiΒ Β Β  buah komentar. Apa anda punya solusi untuk hal ini?

44 Responses

  1. Kalau mencegah spam di blogspot, saya kurang tahu caraya Jal. Udah lama gak masuk ke dashboard blogspot soalnya πŸ™‚ Yang saya tahu cuma bisa pakai captcha atau moderasi. Tapi kalau cara itu dianggap kurang mengenakkan, ya bagaimana lagi ya. Harus hapus secara manual satu-satu deh. Oya, apakah di blogspot gak ada fitur blokir komentar dari parameter tertentu? Misalnya dari keyword, nama, panjang link, dan sebagainya.

    1. Iya mas, banyak yang suka mengeluh saat pake captcha ataupun moderasi. Saya jadi bingung, hahaha, blogspot emang terbatas ya. Soal fitur itu, saya juga belum tahu mas :/

  2. Klo di blogspot mau ga mau pakai captcha, atau komentar 30 hari di tutup saja, klo ga di moderasi komen klo ada yang komen di posting lebih dari 30 hari.

    Klo di open source sebangsa wp atau drupal, spam bisa di atasi bahkan bisa banned ip.

  3. Wah, selama ini aku belum perhatiin untuk keamanan dari spam. Dan di blog WordPressku,plugin pengaman spam malah aku matikan semua, soalnya komenku sendiri pernah dianggap spam. Aku cuma ngandalin blacklist kata-kata tertentu ama jumlah link di dalam komen. Butuh koreksi ulang buat blogku nih…

  4. ini aja saya kejadian ,2 komentar yang ada di artikel baru saya malah hilang,aneh.padahal sebenarnya,mereka telah berkomentar.anehnya kagak masuk spam,agak bingung πŸ™

    salah satu cara adalah bersopan dan bertutur kata yang baik saat berkomentar.

  5. ahahaa… yah, gitulah, banyak spammer berkeliaran..

    kalo saya sih kalo komennya meski komen kentut ngga masalah, ngga tak hapus, tapi kalo cuman link link aja, komen ngga nyambung, ya tak hapus πŸ˜€

    enjoy aja bro ^^

    1. Kemarin ada 2 jenis spammer bang, spammer promo produk, dan spammer komentar kentut. Ya, meski komentarnya itu “memuji postingan” saya, tapi kalau jumlahnya berlebihan dan berturut-turut ya sama aja bang, haha.

  6. Wah iyaaa benar mas.. tapi Alhamdulillah ane belum kena.. atu ane yang agak cek. hahaha

    tapi yang punya sobat itu banyak kali yaa.. 3 berderetan sekaligus.. hmm.. ane juga pernaha baca ada yang pernah sampe 50 buah spam komen . hahhaa

    1. Suatu saat, pasti ada saja yang spamming di blog kita, apapun bentuknya mas (sok tahu saya). Itu 3 berderetan hanya yang saya screenshoot, jumlahnya hampir 100 buah komentar spam mas :/

  7. Hmm.. Ayas juga sering dapet KOmentar Spam gituan. Kalo masuk spam gitu, tindakan pertama Ayas siy cuma ngecek komentarnya. Kalo ngasi Link yang gak jelas cuma promosi produk ato ke situs “X”, langsung Ayas hapus deh. Tapi kalo cuma ngasi Link Artikel Blognya ato sekedar berbagi Link rekomendasi yang berhubungan dgn artikel.. Langsung Ayas terbitkan lagi tuh MAs.
    Sementara ini siy Komentar SPAM yang Njengkelin itu masih berada dalam batas wajar kok.
    Yach gak tau nanti!!
    Hwehehee…

  8. Ada ya produk pengental sperma? wkwkwkwkw

    Untungnya di blog saya gak ada spam macam itu, apa blog saya gak terkenal ya bahkan yang pengen nyepam pun males? hahaha

    Yang saya liat sih banyaknya yang make blogspot make captcha. Kerugiannya ya itu semua pengunjung dipukul rata harus ngisi captcha kalo mau komentar.

  9. Saya sering terkena serangan spam di blog saya

    biasanya itu produk obat-obatan kayak begitu namanya juga frontal terkadang πŸ˜€

    tetapi kalau masih nyambung tidak saya hapus

    tetapi kalau ga’ nyambung+Spam mending hapus ;D

  10. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu, dalam sehari bisa 10-an komentar spam masuk, ta tidak lain promosi obat lelaki lah kurang lebih. Memang sangat menjengkelkan, karena selain promosi isi komentar pun tidak nyambung sama sekali dengan isi postingan yang sedang dibahas.
    Walaupun quiz juga sudah dipasang untuk mencegah spam, tapi kadang masih bisa lolos juga bagi yang nyepam secara manual. Pembatasan link, jumlah komentar dan blacklist kata-kata yang menjurus spam sudah saya lakukan sebagai tindakan pencegahan.
    Kalau untuk blogspot, saya sendiri kurang paham. Tapi daripada menutup komentar setelah 30 hari, lebih baik menggunakan captcha saja. Karena tidak menutup kemungkinan pengunjung blog ingin berkomentar di postingan yang sudah lama publish.

  11. Wah” itu salah satu kerugian make WP bagi orang yg ga punya sokongan finansial lebih..

    Coz, bila blogging dengan WP Self Hosted, makin banyak konten + komentar = makin banyak uang yang dikeluarkan
    –> ya untuk beli disk space yg lebih lega…

    Itu dia yg bikin saya pindah ke blogspot,, meskipun juga form komentarnya g byk dimengerti netters pada umumnya…

  12. Saya juga pernah mengalami seperti itu pada saat blog saya yang pertama kali…? :'( Sangat mengecewakan sie….. Emang mereka itu tujuannya hanya mencari keuntungan saja….? Saya dulu sempat bingung mereka itu ngapaen menggunakan nama-nama seperti itu…? πŸ˜€