Ketika Galau Eksis di Dunia Maya

Galau, seonggok kata yang udah ngga asing lagi bagi orang-orang dizaman ini, khususnya bagi remaja, baik ditelinga atau dimata, remaja sudah “hapal” karena terlalu sering ngebaca bahkan ngedenger kata ini. Tapi, meski udah sering denger atau sering baca kata galau, apa semua udah tau definisi dari galau itu sendiri? Kayanya ngga deh, soalnya gua juga ngga tau, gua udah buka kamus pintar bahasa Indonesia gua juga ngga ada, hahaha. Karena ini, kita harus pinter2 deh bikin definisi sendiri.

Galau Facts by NoLimit

Galau Facts by NoLimit

Menurut gua, galau itu suatu perasaan dimana lo ngerasa ngga tenang, gundah, resah, gelisah atau bahkan percampuran dari itu semua dan lo sulit sampe ngga bisa berupaya banyak untuk keluar dari perasaan itu hinggal lo ngga bisa ngelakuin kegiatan normal sebagai mana biasanya.

Apa semua orang pernah ngerasain galau? Kayanya sih ngga semua, tapi ya sebagian besar pasti pernah ngerasain lah, khususnya para remaja sekarang atau bahasa sunda gaul nya Ababil. Gua sendiri pernah ngerasain galau #curcol, menurut gua galau ini sangat ngga enak, super sekali. Hati lo bener2 ngga tenang, campur aduk pokonya. Dan sering kali galau dateng disaat yang ngga tepat, tiba-tiba jlebbb~

galau, cenat-cenut

Galau dan Cenat-cenut

Galau sempet booming juga di jejaring sosial twitter khususnya pada tahun 2011 kemaren, ngga sedikit pekicau twitter yg ngepost tweet “galau” atau bahkan galau di timeline dengan mengeluarkan semua unek2nya. Meski posisinya masih berada dibawah posisi dari kata “cenat-cenut” yang booming karena boyband SM*SH ditahun yang sama, “galau” udah ngalahin efek, radius, penyebaran dan popularitas dari “cenat-cenut”. Coba bayangkan, bagi pengguna twitter, berapa banyak akun twitter dengan embel2 galau? dalam arti akunnya itu emang khusus buat ber-galau ria, tweets nya isinya galauan yang mengajak lo buat ikut galau -_-. Banyak banget kan? Contohnya : @tweetsmantan, @tweetceplos, @ijalfauzi, masih banyak lagi deh. Lalu apa ada akun twitter “cenat-cenut” yang selalu ngetweet tentang “cenat-cenut” dan ngajak lo buat ikutan cenat-cenut? Kalo itu sih gua belom pernah liat, hahaha.

Berdasarkan penelitian gua selama ini #halah, galau diklasifikasikan menjadi 5 jenis, tentunya dengan rumus senyawa kimia masing-masing #gila, berikut ini 5 jenis galau berdasarkan sebabnya hasil penelitian Ijalus Fauzius :

Galau karena “sesuatu”

galau akrena sesuatuLo akan ngerasain suatu perasaan dimana lo ngerasa ngga karuan, kenapa? Ya karena “sesuatu” itu. Ciri fisiknya detak jantung lo berdetak lebih cepat dari normal dan itu kerasa banget. Contoh kejadiannya, waktu lo nungguin hasil Ujian Nasional, penasaran akan hasilnya, lo takut ngga lulus, dan lo cuma bisa nungguin -_-.

Galau karena dosa

galau karena dosaSedikit sama dengan galau karena “sesuatu”, tapi disini lo akan ngerasain hal yg sama tapi rasanya lebih ngga karuan, disini lo ngga bisa liat atau nungguin hasilnya karena lo bakalan tau setelah lo pindah ke dunia lain. Contoh kejadiannya, lo maling buah mangga tetangga lo, padahal tetangga lo bertahan hidup hanya dengan menjual mangga itu sebagai sumber mata pencaharian satu-satunya. Terus? Lo mau lari dari kenyataan? Segeralah tobat!

Galau karena seseorang

galau karena seseorangLo akan ngerasa pengen teriak sekeras-kerasnya buat ngeluarin isi hati lo ke orang itu. Lo bukan lagi marah, karena emang lo lagi ngga marah. Perasaan gundah, mungkin lebih tepatnya khawatir, bisa juga kangen. Contoh kejadiannya, lo diskomunikasi sama seseorang yang ‘deket’ sama lo, dan lo ngebet pengen di sms ataupun telepon sama dia, pengen bangettt.

Galau karena cinta

galau karena cintaUps, yang ini agak sedikit sensitif nih. Pada jenis galau yg ini agak beda rasanya dari jenis yg sebelumnya. Disini lo akan ngerasa sangat resah, ngga tenang, perasaan campur aduk, hingga lo berada didalam keterpurukan. Faktor utamanya ya soal asmara (mungkin), bisa karena ditolak terus, diputusin pacar, kangen mantan dan masih banyak lagi. Lo bisa jadi sangat labil dibagian ini, dan yg lo butuhin adalah seorang temen cerita yg asik dan bisa dipercaya.

Galau karena diri sendiri

galau karena diri sendiriHal yang lo rasain sih sama aja kaya jenis2 sebelumnya, tapi disini segala sesuatu kayanya terjadi begitu cepat. Contoh kejadiannya, lo seorang mahasiswa dan TA atau skripsi lo ngga beres-beres, atau sekalinya beres tapi ditolak #jleb. Dan ini yg udah terjadi sama om alit ( @shitlicious ), tapi dia berhasil menggunakan kekurangannya sebagai kelebihannya, terbukti sampai sekarang dia eksis di dunia maya, tapi tetep belom jadi sarjana, wkwkwk semoga aja dia cepet nuntasin kuliahnya itu.

Ya, itu dia jenis2 galau berdasarkan sebabnya. Dari kesemua jenis2 galau yg ada, yg lo perluin cuma pandai2 manfaatin situasi dan kondisi aja. Lo bisa eksis di dunia maya karena kegalauan lo ?! Dan lebih baik lagi, daripada lo galau, mending gunain waktu buat kegiatan yg positif, contohnya : belajar, ngaji, main sama temen (ini juga positif), bantu2 orang tua dan masih banyak lagi. Ngeblog juga salah satu kegiatan positif dari pada menggalau, dan semoga dengan berjalannya waktu, ngga akan ada istilah Jomblogger. Kalo lo galau karena jomblo atau single, jangan terbawa perasaan galau, coba ambil sisi asiknya, lo bisa lirik sana-sini tanpa ada yg marah sama lo, ngga ada yg “mengurung” lo, lo bebas mau ngapain aja, hahaha #sesat.

Selain cuma berbagi saran dan sedikit curhat, gua nulis postingan ini dalam rangka ikut Blog Writing Competition : Eksis dengan Internet yang diselenggarakan oleh Axis. Semoga gua bisa menangin iPad 2 nya πŸ™‚ Amiiiinnnn πŸ™‚ Axis emang GSM yang murah tapi ngga murahan, cuma saya punya saran nih buat axis, tolong diperluas jaringannya, disini kalo sms temen pake axis aja nyampenya lama, kirim jam 7 malem sampenya jam 12 :O Sukses terus buat axis πŸ˜€

Sumber dan referensi

61 Responses

  1. yang cenat-cenut itu pada kena hepatitis yak?

    fyuh~

    ada satu tambahan bagi para pelajar, Bang. Galau karena Guru. tiap pagi di kelas waktu SMP banyak siswa yang galau: gurunya dateng gak yaa? moga aja engga soalnya ane belom ngerjain peer. hahaha sukses Mas buat lombanya. Amin, mari bersaing ngerebut iPad 2-nya! huehehehehe #ketawasetan

  2. ane galau ampek pusing mainin photo mu berputar cepat πŸ˜€
    tapi ane walaupun jomblo atau apapan itu sebabnya ane gak pernah galau, tapi saya tetap tegar walaupun hati miris (apa bedanya sama galau)

    naice inpoh bang, ikutan promosi yak
    boleh kk ipad 2 nya dari axis gratis buat kamu deh bang πŸ˜€

  3. hahaha
    gue tipikal orang yang galau tapi ga mau disebut galau, biasanya galau muncul gara” lagu jale
    jadi pas lagi sakit hati ato bagimana, gue biasanya Headbanging musik metal, biar gak galau :p

    btw di kamus besar bahasa indonesia gue ada kok definisinya :3
    (kamus gue gaul kayaknya)

    1. Ais, asik dah anak gawl sering headbanging musik metal :p wkwk tapi bener juga sih, muski metal kan jarang yang lemah lembut, hahaha.
      Kamus gua ngga gaul tan :p

  4. MANTAAFFF BANGEET Mas Ijal!!!
    Weeh.. kayaknya Demam Galau sedang AXIS di dunia Blogger neh… CK..CK…CK..
    Bener banget kalo galau” udah ngalahin efek, radius, penyebaran dan popularitas dari “cenat-cenut”….Asek..Asek..Asek….
    Hmmm… kemaren aja sempet Ngrasain neh,, Gl2 Cn8… pemecahan rumusnya gimana tuh Mas???
    Hweheheee…..

  5. Aihhh….
    Pas banget…sekarang gua musim-nya galau karena sesuatu…jiah….hahahaha
    tapi ini serius, bukan karena nungguin hasil UAN tapi nungguin dapat S.Kom yg sudah 4 tahun gua berburu itu di kampus… nasiiibbb

    Tuhan Bantu aku…Skripsi-ku terbengkalai… masa study tak kunjung usai..
    Tuh kan Galau… hehehehe…

    1. hahaahaaassseeekkkk kalau nungguin UAN balik imut2 lagi dong gua,hehe..
      moga aja dah tahun depan gua dah Lulus, tapi ini galau tak kunjung usai, hampir tiap hari selalu nangkring di otak…heemmm

  6. alamak ijaaall !! bisa..bisa.. rumus kimia kamu oke juga . muahahhaha :p
    akun galau bukan cm itu doang jal, tapi ada satu lagi -> @dikaarriantii xP muahahhaha i’m galau everyday ~ lalalala #plak

    anyway sukses blog writing competitionnya Jal! good luck :3

  7. Aduh, klo ane galau karena apa ya.
    But, mantap artikelnya, kalau mau di sikapi sikap galau itu terjadi karena tak ada rasa kesejatian dalam diri kita.
    Penasehat presiden amerika [william] pernah mengatakan bahwa kegalauan itu tanda dari ingin hilangnya sebuah karakter.

    Oleh sebab itu amrika menjajah bukan dengan senjata, tapi dengan menghilangkan budaya dan karakter. Maka itu dibuatlah semua galau.

    BTW halaman ini agak berat jal..

    1. Wah saya ngga mau galau lagi dah kalo gitu bang, hahaha.
      Bener juga sih, Amerika menjajah ngga pake senjata, tapi ngilangin budaya dan karakter πŸ˜€
      Berat ya bang? wah saya ngga tau apa penyebabnya, mungkin kebanyakan gambar aja.

  8. Hahaha ya ya ya, galau emang akhir-akhir ini lagi booming. Agak pusing juga sih sebenernya denger orang yang ngegalau terus, apalagi di jejaring sosial, hadeeeeh pusing. hahaha

  9. Duh pake ada rumus kimia nya segala. Perasaan itu nggak boleh dimanja. Kalau dimanja malah jatohnya ke galau. Hazeeeeg πŸ˜€