Opini

Ketika Galau Eksis di Dunia Maya

Galau, seonggok kata yang udah ngga asing lagi bagi orang-orang dizaman ini, khususnya bagi remaja, baik ditelinga atau dimata, remaja sudah “hapal” karena terlalu sering ngebaca bahkan ngedenger kata ini. Tapi, meski udah sering denger atau sering baca kata galau, apa semua udah tau definisi dari galau itu sendiri? Kayanya ngga deh, soalnya gua juga ngga tau, gua udah buka kamus pintar bahasa Indonesia gua juga ngga ada, hahaha. Karena ini, kita harus pinter2 deh bikin definisi sendiri.

Galau Facts by NoLimit

Galau Facts by NoLimit

Menurut gua, galau itu suatu perasaan dimana lo ngerasa ngga tenang, gundah, resah, gelisah atau bahkan percampuran dari itu semua dan lo sulit sampe ngga bisa berupaya banyak untuk keluar dari perasaan itu hinggal lo ngga bisa ngelakuin kegiatan normal sebagai mana biasanya.

Apa semua orang pernah ngerasain galau? Kayanya sih ngga semua, tapi ya sebagian besar pasti pernah ngerasain lah, khususnya para remaja sekarang atau bahasa sunda gaul nya Ababil. Gua sendiri pernah ngerasain galau #curcol, menurut gua galau ini sangat ngga enak, super sekali. Hati lo bener2 ngga tenang, campur aduk pokonya. Dan sering kali galau dateng disaat yang ngga tepat, tiba-tiba jlebbb~

galau, cenat-cenut

Galau dan Cenat-cenut

Galau sempet booming juga di jejaring sosial twitter khususnya pada tahun 2011 kemaren, ngga sedikit pekicau twitter yg ngepost tweet “galau” atau bahkan galau di timeline dengan mengeluarkan semua unek2nya. Meski posisinya masih berada dibawah posisi dari kata “cenat-cenut” yang booming karena boyband SM*SH ditahun yang sama, “galau” udah ngalahin efek, radius, penyebaran dan popularitas dari “cenat-cenut”. Coba bayangkan, bagi pengguna twitter, berapa banyak akun twitter dengan embel2 galau? dalam arti akunnya itu emang khusus buat ber-galau ria, tweets nya isinya galauan yang mengajak lo buat ikut galau -_-. Banyak banget kan? Contohnya : @tweetsmantan, @tweetceplos, @ijalfauzi, masih banyak lagi deh. Lalu apa ada akun twitter “cenat-cenut” yang selalu ngetweet tentang “cenat-cenut” dan ngajak lo buat ikutan cenat-cenut? Kalo itu sih gua belom pernah liat, hahaha.

Berdasarkan penelitian gua selama ini #halah, galau diklasifikasikan menjadi 5 jenis, tentunya dengan rumus senyawa kimia masing-masing #gila, berikut ini 5 jenis galau berdasarkan sebabnya hasil penelitian Ijalus Fauzius :

Galau karena “sesuatu”

galau akrena sesuatuLo akan ngerasain suatu perasaan dimana lo ngerasa ngga karuan, kenapa? Ya karena “sesuatu” itu. Ciri fisiknya detak jantung lo berdetak lebih cepat dari normal dan itu kerasa banget. Contoh kejadiannya, waktu lo nungguin hasil Ujian Nasional, penasaran akan hasilnya, lo takut ngga lulus, dan lo cuma bisa nungguin -_-.

Galau karena dosa

galau karena dosaSedikit sama dengan galau karena “sesuatu”, tapi disini lo akan ngerasain hal yg sama tapi rasanya lebih ngga karuan, disini lo ngga bisa liat atau nungguin hasilnya karena lo bakalan tau setelah lo pindah ke dunia lain. Contoh kejadiannya, lo maling buah mangga tetangga lo, padahal tetangga lo bertahan hidup hanya dengan menjual mangga itu sebagai sumber mata pencaharian satu-satunya. Terus? Lo mau lari dari kenyataan? Segeralah tobat!

Galau karena seseorang

galau karena seseorangLo akan ngerasa pengen teriak sekeras-kerasnya buat ngeluarin isi hati lo ke orang itu. Lo bukan lagi marah, karena emang lo lagi ngga marah. Perasaan gundah, mungkin lebih tepatnya khawatir, bisa juga kangen. Contoh kejadiannya, lo diskomunikasi sama seseorang yang ‘deket’ sama lo, dan lo ngebet pengen di sms ataupun telepon sama dia, pengen bangettt.

Galau karena cinta

galau karena cintaUps, yang ini agak sedikit sensitif nih. Pada jenis galau yg ini agak beda rasanya dari jenis yg sebelumnya. Disini lo akan ngerasa sangat resah, ngga tenang, perasaan campur aduk, hingga lo berada didalam keterpurukan. Faktor utamanya ya soal asmara (mungkin), bisa karena ditolak terus, diputusin pacar, kangen mantan dan masih banyak lagi. Lo bisa jadi sangat labil dibagian ini, dan yg lo butuhin adalah seorang temen cerita yg asik dan bisa dipercaya.

Galau karena diri sendiri

galau karena diri sendiriHal yang lo rasain sih sama aja kaya jenis2 sebelumnya, tapi disini segala sesuatu kayanya terjadi begitu cepat. Contoh kejadiannya, lo seorang mahasiswa dan TA atau skripsi lo ngga beres-beres, atau sekalinya beres tapi ditolak #jleb. Dan ini yg udah terjadi sama om alit ( @shitlicious ), tapi dia berhasil menggunakan kekurangannya sebagai kelebihannya, terbukti sampai sekarang dia eksis di dunia maya, tapi tetep belom jadi sarjana, wkwkwk semoga aja dia cepet nuntasin kuliahnya itu.

Ya, itu dia jenis2 galau berdasarkan sebabnya. Dari kesemua jenis2 galau yg ada, yg lo perluin cuma pandai2 manfaatin situasi dan kondisi aja. Lo bisa eksis di dunia maya karena kegalauan lo ?! Dan lebih baik lagi, daripada lo galau, mending gunain waktu buat kegiatan yg positif, contohnya : belajar, ngaji, main sama temen (ini juga positif), bantu2 orang tua dan masih banyak lagi. Ngeblog juga salah satu kegiatan positif dari pada menggalau, dan semoga dengan berjalannya waktu, ngga akan ada istilah Jomblogger. Kalo lo galau karena jomblo atau single, jangan terbawa perasaan galau, coba ambil sisi asiknya, lo bisa lirik sana-sini tanpa ada yg marah sama lo, ngga ada yg “mengurung” lo, lo bebas mau ngapain aja, hahaha #sesat.

Selain cuma berbagi saran dan sedikit curhat, gua nulis postingan ini dalam rangka ikut Blog Writing Competition : Eksis dengan Internet yang diselenggarakan oleh Axis. Semoga gua bisa menangin iPad 2 nya :) Amiiiinnnn :) Axis emang GSM yang murah tapi ngga murahan, cuma saya punya saran nih buat axis, tolong diperluas jaringannya, disini kalo sms temen pake axis aja nyampenya lama, kirim jam 7 malem sampenya jam 12 :O Sukses terus buat axis :D

Sumber dan referensi

You Might Also Like

  • randy oktaran
    February 5, 2012 at 7:58 am

    galau karena cinta nih gue jiah gak ada pertamax diantara kita

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:04 am

      Wahahah ditolak terus ya bang ?

    • randy oktaran
      February 5, 2012 at 8:07 am

      bukan karena gak berani ngungkap jal wakakak

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:13 am

      Wah, lu cowo kan bang? Masa ngga berani :p lol

    • Mbah Qopet
      February 5, 2012 at 8:26 am

      ane juga senasib ma ente berdua T_T bawaannya galau terus karena jomblongenes

    • randy oktaran
      February 5, 2012 at 8:42 am

      takutjal takut gue gak cucok ama dia hahaha

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:52 am

      Takut ngga cocok apa takut ditolak ya, wahahaha

    • randy oktaran
      February 5, 2012 at 8:57 am

      dua2 nya jal bwahaha

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 10:28 am

      Bukannya abang juga galau ya :p jomblogger :p

    • Adjie Purbojati
      February 11, 2012 at 7:40 am

      kalo si Randy sih emang udah di takdirin jadi jomblo dan galau seumur hidupnya. wkwkwk
      piss Rand …

  • randy oktaran
    February 5, 2012 at 7:58 am

    jah gak ada pertamax diantara kita

  • Mbah Qopet
    February 5, 2012 at 8:10 am

    -___- kemaren atas ane bahas jomblo sekarang ente bahas galau -__- galau biasanya muncul pas malam minggu hahaha , semoga menang lombanya bro

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:15 am

      Lah, lo ngga tau al? gua sama bang randy kan senasib sepenanggunagan ahahaha

    • randy oktaran
      February 5, 2012 at 8:44 am

      eitss kalo gue kan single lu yang jomblo :P

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:51 am

      siapa bilang gua jomblo? gua single ye :p

  • system of blog
    February 5, 2012 at 8:13 am

    GALAU KARENA SESEORANG <<<<< ini yang sekarang ane rasain meskipun barusan ane ketemu ma dia tapi rasaX pengen terus²an ma dia, #sedih banget

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:19 am

      Haha, emangnya lu galau juga bang? Makanya pas ketemu cewe itu langsung ajak komunikasi :p #sesat

  • Arkan Azis Kusuma
    February 5, 2012 at 8:17 am

    yang cenat-cenut itu pada kena hepatitis yak?

    fyuh~

    ada satu tambahan bagi para pelajar, Bang. Galau karena Guru. tiap pagi di kelas waktu SMP banyak siswa yang galau: gurunya dateng gak yaa? moga aja engga soalnya ane belom ngerjain peer. hahaha sukses Mas buat lombanya. Amin, mari bersaing ngerebut iPad 2-nya! huehehehehe #ketawasetan

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 10:27 am

      wakaka ngga tau deh.
      Nah iya itu juga termasuk jenis galau, lupa masukin dalam klasifikasinya nih :p
      Amiiinnn, semoga saya dapat iPad 2 nya :D

  • Trisna N
    February 5, 2012 at 8:17 am

    tumben jal gak pake disqus hehe?.
    galau memang merajalela sekarang hehe,keduax boleh dah hehe
    ternyata punya rumus juga seperti rumus kimia hehe

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:23 am

      Iya gua udah kembali gunain blogger comment.
      Soal rumus senyawa kimia itu cuma iseng aja, ahaha

  • Cek Info
    February 5, 2012 at 8:31 am

    wakakaka, ad rumus kimiany jg ni ;D – yg paling banyak y Galau karena cinta

  • GROSEDEL Team
    February 5, 2012 at 8:33 am

    galau itu bahasa ap sih gan???

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 8:42 am

      Wahah, kan udah cek kamus bahasa indonesia saya tapi ngga ada :D Mungkin ngga lengkap, atau galau itu bahasa serapan :/

  • Rama88
    February 5, 2012 at 8:34 am

    galau emg jadi trend ya skrg,, ckkckck,,

  • singgih pambudi
    February 5, 2012 at 9:02 am

    galau karena blogger nih gw keknya wkwkwkwkwkwk

  • naspard
    February 5, 2012 at 9:42 am

    ane galau ampek pusing mainin photo mu berputar cepat :D
    tapi ane walaupun jomblo atau apapan itu sebabnya ane gak pernah galau, tapi saya tetap tegar walaupun hati miris (apa bedanya sama galau)

    naice inpoh bang, ikutan promosi yak
    boleh kk ipad 2 nya dari axis gratis buat kamu deh bang :D

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 10:31 am

      Haha, itu sengaja biar ada variasi aja jadinya muter2 bang.
      Yakin ngga pernah galau ? Aminnn~

  • Kelompok 4 / XI IPA -1
    February 5, 2012 at 10:13 am

    wduh yg pling parah galaunya mngkin saya deh. galau mikirin pelajaran,ulangan,tugas,blom lgi persiapan bwt lomba (mski hsil akhirnya psti kalah)+krna jomblo. hiks hiks gmna cranya y biar ilang tuh galau?

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 10:35 am

      Haha kalau itu saya juga ngerasain :p tapi dibawa asik aja, kalau jomblo, ambil sisi positifnya, bisa lirik sana sini tanpa ada yg marah, ya ngga ?

  • Andaka Pramadya
    February 5, 2012 at 10:37 am

    baru tahu kalo galau ada rumus kimianya…

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 10:43 am

      Itu buat seru-seruan aja ko :D haha

  • Ijal Fauzi
    February 5, 2012 at 12:46 pm

    wkwkw kan lu yg ngajarin bang :p

  • Fathan Gaffurie
    February 5, 2012 at 1:33 pm

    hahaha
    gue tipikal orang yang galau tapi ga mau disebut galau, biasanya galau muncul gara” lagu jale
    jadi pas lagi sakit hati ato bagimana, gue biasanya Headbanging musik metal, biar gak galau :p

    btw di kamus besar bahasa indonesia gue ada kok definisinya :3
    (kamus gue gaul kayaknya)

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 2:13 pm

      Ais, asik dah anak gawl sering headbanging musik metal :p wkwk tapi bener juga sih, muski metal kan jarang yang lemah lembut, hahaha.
      Kamus gua ngga gaul tan :p

  • Indra Yoga Pranata
    February 5, 2012 at 1:38 pm

    beuh kalau d aku mas ijal galau tuh, “nuju pararusing rieut jeung sajabana” tapi azib nih lengkap galau dengan sebabnya :D

    • Ijal Fauzi
      February 5, 2012 at 2:18 pm

      Wah, orang sunda ya ? Sama dong, tapi sayangnya saya gabisa bahasa sunda -_-

  • BagiBagiBlog
    February 5, 2012 at 5:10 pm

    MANTAAFFF BANGEET Mas Ijal!!!
    Weeh.. kayaknya Demam Galau sedang AXIS di dunia Blogger neh… CK..CK…CK..
    Bener banget kalo galau” udah ngalahin efek, radius, penyebaran dan popularitas dari “cenat-cenut”….Asek..Asek..Asek….
    Hmmm… kemaren aja sempet Ngrasain neh,, Gl2 Cn8… pemecahan rumusnya gimana tuh Mas???
    Hweheheee…..

    • Ijal Fauzi
      February 6, 2012 at 1:33 am

      Haha iya mas, mas bagio galau gara2 mertuanya itu kan? wkwkwk

  • M. Nasihin
    February 6, 2012 at 12:57 am

    lengkap dah macam2 galaunya

    hahah

    gue jarang galau, sekalinya galau gak bisa tidur u_u

    • Ijal Fauzi
      February 6, 2012 at 1:34 am

      Wkwk ngegalauin apa emangnya bang sampe ga bisa tidur :p ?

  • dhenycahyoe
    February 6, 2012 at 1:06 pm

    Aihhh….
    Pas banget…sekarang gua musim-nya galau karena sesuatu…jiah….hahahaha
    tapi ini serius, bukan karena nungguin hasil UAN tapi nungguin dapat S.Kom yg sudah 4 tahun gua berburu itu di kampus… nasiiibbb

    Tuhan Bantu aku…Skripsi-ku terbengkalai… masa study tak kunjung usai..
    Tuh kan Galau… hehehehe…

    • Ijal Fauzi
      February 6, 2012 at 4:12 pm

      Yaiyalah bang, masa seumuran abang nungguin hasil UAN :p weh, ngambil sarjana komputer? mantap dah, sukses buat abang !

    • dhenycahyoe
      February 13, 2012 at 1:26 am

      hahaahaaassseeekkkk kalau nungguin UAN balik imut2 lagi dong gua,hehe..
      moga aja dah tahun depan gua dah Lulus, tapi ini galau tak kunjung usai, hampir tiap hari selalu nangkring di otak…heemmm

    • Ijal Fauzi
      February 19, 2012 at 1:40 pm

      Imut? yakin :p ?
      hahaha, jangan dipikirin lah bang~

  • Dika Arianti Lestari
    February 7, 2012 at 12:49 pm

    alamak ijaaall !! bisa..bisa.. rumus kimia kamu oke juga . muahahhaha :p
    akun galau bukan cm itu doang jal, tapi ada satu lagi -> @dikaarriantii xP muahahhaha i’m galau everyday ~ lalalala #plak

    anyway sukses blog writing competitionnya Jal! good luck :3

    • Ijal Fauzi
      February 7, 2012 at 1:27 pm

      Haha iya dong :p
      Jangan galau lah, hahaha. Thanks, semoga gua dapet iPad 2 dari Blog Writting Competition nya eksis :D

  • Kopiah Putih
    February 8, 2012 at 1:39 am

    Saya malah sedang ngerasakan galau sekarang mas..
    Tepatnya galau karena seseorang!
    Persis dah apa yang saya rasa sekarang dengan opininya mas ijal..
    hehehe..

    • Ijal Fauzi
      February 8, 2012 at 3:42 am

      Wah kenapa tuh kalo boleh tau :p ?
      Jangan kebanyakan galau mas :D

  • Rizykyzone.com
    February 8, 2012 at 8:01 am

    sampai sekarang saja saya masih belum benar2 mengerti makana sebenarnya dari galau itu sendiri mas

  • amdhas
    February 8, 2012 at 4:31 pm

    Aduh, klo ane galau karena apa ya.
    But, mantap artikelnya, kalau mau di sikapi sikap galau itu terjadi karena tak ada rasa kesejatian dalam diri kita.
    Penasehat presiden amerika [william] pernah mengatakan bahwa kegalauan itu tanda dari ingin hilangnya sebuah karakter.

    Oleh sebab itu amrika menjajah bukan dengan senjata, tapi dengan menghilangkan budaya dan karakter. Maka itu dibuatlah semua galau.

    BTW halaman ini agak berat jal..

    • Ijal Fauzi
      February 9, 2012 at 11:12 am

      Wah saya ngga mau galau lagi dah kalo gitu bang, hahaha.
      Bener juga sih, Amerika menjajah ngga pake senjata, tapi ngilangin budaya dan karakter :D
      Berat ya bang? wah saya ngga tau apa penyebabnya, mungkin kebanyakan gambar aja.

    • Ijal Fauzi
      February 10, 2012 at 12:59 pm

      Wah iya, hehe ngga ngerti gimana caranya kompress ukuran gambar sih.

  • Ahmad Zuhdi Travelife
    February 10, 2012 at 11:24 pm

    wahh.. sukses sob. smoga bisa menang kontesnya.. rumus Galaunya manteb.. :)

  • Ladida C
    February 12, 2012 at 1:03 am

    wah, fenomena galau emang udah ngga sesuatu yg luar biasa, seseorang pasti pernah kena wkwkwkk…
    semoga sukses bang ^^

  • F u n y
    February 20, 2012 at 3:51 pm

    muahahhahaaa aku ga demen galau2 di twitter atau fb, nyampah kalo keseringan, biasanya di tumblr :3

    • Ijal Fauzi
      February 21, 2012 at 11:04 am

      Bagus kalo begitu, haha

  • Ijal Fauzi
    February 28, 2012 at 11:10 am

    Thanks mas, wah jangan panggil saya “kang”, saya masih belia :D

  • Faisal
    March 3, 2012 at 3:50 pm

    Hahaha ya ya ya, galau emang akhir-akhir ini lagi booming. Agak pusing juga sih sebenernya denger orang yang ngegalau terus, apalagi di jejaring sosial, hadeeeeh pusing. hahaha

    • Ijal Fauzi
      March 5, 2012 at 3:35 am

      Sebenarnya sih ngga penting juga ya galau, mending melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Haha

  • Asti
    June 17, 2014 at 4:55 pm

    Duh pake ada rumus kimia nya segala. Perasaan itu nggak boleh dimanja. Kalau dimanja malah jatohnya ke galau. Hazeeeeg :D