Kecanduan Kopi, Sehatkah ?

Kecanduan Kopi

Kecanduan Kopi

Ngopi memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi, mengkonsumsi kopi juga ada batasnya. Konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari 2-3 gelas dalam sehari. Itu pun tidak diminum dalam satu waktu, melainkan secara bertahap dalam sehari. Akan lebih baik lagi, jika dikombinasikan dengan minuman lain. Misalnya, dicampur dengan susu atau sirop caramel, atau mengganti minum kopi dengan jus buah dan air mineral.

Kopi mengandung antioksidan berupa poliphenol, yang mampu meredam reaksi oksidasi berlebih dalam tubuh. Hal ini sangat berguna, karena reaksi oksidasi berlebih dapat merusak sistem sel, yang akhirnya dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan kerusakan sistem saraf. Dalam kopi juga terdapat kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid, sebesar 1-1,5 %. Senyawa ini memiliki daya kerja sebagai stimulant sistem saraf pusat, terutama pusat saraf yang lebih tinggi (otak), sehingga menghasilkan peningkatan aktivitas mental yang membuat tubuh tetap terjaga dan segar.

Kafein dalam kopi bersifat diuretic, yang menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini tentu bisa mencegah terjadinya penyakit batu ginjal yang disebabkan menumpuknya kalsium oksalat atau zat kimia lain dan membentuk kristal dalam urine. Namun, untuk hal ini sebaiknya diimbangi dengan mengkonsumsi vitamin B dan C dari luar, karena vitamin tersebut ikut larut dan terbuang bersama urine.

Kopi hitam

Sayangnya, kebiasaan minum kopi kerap kali memunculkan efek negative. Antara lain, insomnia, gelisah, merangsang otot untuk terus bekerja lebih keras karena aliran darah yang cepat lewat pembuluh darah arteri. Disini, kita melihat bagian lain dari kafein yang dapat mengambil alih fungsi adenosine, salah satu senyawa dalam sel saraf otak, yang membuat orang mudah tertidur.

Sesekali minum kopi tentu tidak mengapa. Tapi, jika sampai kecanduan kopi, tentu saja akan merugikan tubuh, terutama jika tidak diimbangi dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga. Ingatlah, rasa lelah adalah isyarat dari tubuh untuk istirahat, karena aktivitas tubuh yang sudah berlebihan. Mari minum kopi sea=cara bijak 🙂

Sumber dan referensi
  • Femina, 2006
  • Google images