Cerita

Hal yang Saya Peroleh, "Berkat Ngeblog"

Kurang lebih satu tahun saya menjadi seorang blogger. Sebenarnya saya mulai memiliki sebuah blog itu pada saat saya mulai mengenal internet ( sekitar awal kelas 8 ). Namun, itu hanya sekedar ingin tahu saja. Saya mulai aktif ngeblog sejak 1 tahun belakangan ini. Pada awalnya, saya membuat blog bertujuan untuk memenuhi hasrat keingintahuan terhadap sesuatu yang baru bagi saya, tapi seiring berjalannya waktu, kini ngeblog menjadi hobi baru saya.

Mengapa saya menjadi Blogger ?

Saya sendiri tidak tahu mengapa, yang saya tahu sekarang ngeblog memang jadi kegiatan saya sehari-hari. Mungkin sebabnya karena saya seorang manusia. Lalu kenapa? Seorang manusia tentu saja tidak bisa hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial. Begitu pula saya, saya tidak dapat hidup sendiri. Saya butuh seorang teman untuk bercerita dan berbagi pengalaman. Tetapi karena saya tidak punya teman cerita, maka blog datang sebagai teman saya bercerita, berbagi pengalaman, dan mencari ilmu.

Mengapa memilih Blogger ?

Sejak pertama kali memiliki akun blog, saya memang sudah menggunakan Blogger sebagai mesin blog saya. Karena menurut saya, Blogger cocok sekali untuk saya, seorang pendatang baru di dunia maya yang masih “buta” akan hal-hal baru. Menurut saya Blogger sudah cukup baik untuk untuk menjadi mesin blog saya. Fitur-fitur nya cukup lengkap dan useable untuk orang-orang yang ingin memiliki blog untuk dijadikan catatan online, berbagi cerita, dokumentasi, media pembelajaran dan mencari teman baru.

Pengalaman buruk

Tidak sulit untuk membangun rumah adalah sebuah analogi yang cocok untuk menjadi seorang blogger khususnya saya. “Jatuh-bangun” sudah saya sempat saya rasakan. Saya pernah mendapat seorang teman maya yang cukup ramah. Saya sering berdiskusi dengannya via obrolan facebook. Tetapi seiring berjalannya waktu, sifat ramahnya itu hilang. Terlihat sekali sikapnya berubah. Kini saya sudah tidak kontakan lagi dengan nya. Mungkinkah dia iri kepada saya? Adakah yang dia irikan kepada saya? Apa yang bisa diirikan dari anak kecil seperti saya? Saya harap tidak seperti itu kenyataanya. Saya ingin berteman baik disini.

Pengalaman menarik

Tidak kalah dengan tulisan disebelah, saya juga punya pengalaman menarik. Sejak awal saya ngeblog banyak sekali pengalaman menarik yang saya dapatkan. Salah satunya ketika pertama kali membuat blog (pada saat itu saya masih kelas 8), banyak sekali “blog gagal” yang saya miliki. Mengapa gagal? Karena sudah tidak pernah saya gunakan. Banyak sebabnya, mulai dari lupa password, belum mengerti penggunaannya, dll. Kurang lebih ada 10 “blog gagal” yang pernah saya miliki. Dan ketika teman saya menebak-nebak url blog saya, dia berhasil masuk ke salah satu “blog gagal” saya dan yang muncul adalah gambar Patrick Star, salah satu karakter lucu di kartun Spongebob.

Tak terlupakan

Bicara soal blog, bicara tentang tampilan. Saya pernah mengalami saat-saat labil dalam ngeblog. Itu muncul ketika saya mulai sering blogwalking ke blog-blog teman maya saya. Setiap ada gaya yang menarik menurut saya dari blog mereka pasti saya mengikutinya. Sehingga bisa dibilang blog saya dulu adalah seperti bunglon yang sering melakukan mimikri. Lama-kelamaan saya mulai sadar bahwa itu tidak baik. Tampilan boleh sama, tetapi seni tidak bisa disamakan. Sebuah kerugian, disaat teman saya membuat tampilan baru, saya menirunya. Itu sebabnya dulu saya ketinggalan dalam tampilan. Jadi, mulai sekarang saya adalah saya, saya adalah apa yang saya pikirkan, bukan apa yang mereka bicarakan.

Yang saya peroleh dari ngeblog

Berkat ngeblog saya jadi tahu apa arti internet dan dunia maya yang sebenarnya. Internet dan dunia maya bukanlah berisi segala sesuatu yang negatif. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dari internet. Tentu saja itu semua tetap kembali kepada niat dan pikiran masing-masing kepala. Seperti yang saya pernah baca di postingan teman saya, banyak orang tua yang melarang anak-anaknya untuk menggunakan internet karena sebuah paradigma “ndeso”. Mereka (orang tua) melarang anaknya menggunakan internet karena khawatir anaknya membuka situs-situs yang tidak sesuai dengan umurnya, seperti situs yang mengandung pornografi. Itu memang sebuah kewajaran, orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tetapi jangan memberi batasan yang berlebihan. “Perubahan dan kemajuan (teknologi) itu tidak dapat dielakkan, dia akan tetap masuk di kehidupan kita. Maka dari itu, kita harus memiliki sifat terbuka dan tentu saja selektif terhadap apapun”.

Disamping itu saya juga banyak mendapatkan sesuatu “Berkat Ngeblog”. Mendapatkan banyak teman, bisa meluapkan isi hati lewat tulisan ataupun design tampilan blog saya, dan masih banyak lagi. Tidak hanya teman sebaya yang saya dapatkan, disebuah grup tempat saya “bertengger”, saya juga punya teman blogger yang umurnya jauh diatas saya. Terkadang saya tidak enak untuk memanggilnya dengan sebutan “mas, bang, dan sebagainya”, karena berdasarkan umur mereka lebih pantas saya panggil “bapak”.

Dan hal yang saya peroleh “Berkat Ngeblog” yang paling saya rasakan saat ini adalah saya bisa berpikir lebih dewasa, kritis terhadap apapun dan terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Disini, saya ingin berteman baik dan mencari ilmu. Semoga saja teman-teman saya bisa menerima saya dengan segala kekurangan yang saya miliki. Karena pada dasarnya saya bukan malaikat, saya hanya manusia biasa.

Kesimpulan

Waktu terus berjalan, begitu pula dengan perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan. Sebaiknya kita belajar untuk memiliki sikap terbuka terhadap kemajuan teknologi, tetapi kita harus tetap selektif terhadap apapun. Jadilah pribadimu sendiri, jangan menjadi orang lain. Sesekali meniru boleh saja. Perhatikan, tiru, dan modifikasi.

Penutup

Terima kasih saya ucapkan kepada semua teman dan relasi blogger yang saya kenal. Tanpa kalian, apa jadinya saya saat ini? Dan tentu saja untuk para pembaca blog kumuh saya ini, telah mau menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan yang saya buat. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesederhanaan blog ini. Karena sementara ini, hanya blog inilah yang bisa saya buat, hanya blog ini yang bisa saya rawat. Sekali lagi saya ucapkan, Terima kasih !

Selamat hari blogger nasional ! Maju terus blogger Indonesia !

Bekasi, 27 Oktober 2011
Sumber dan referensi
  • Google images

You Might Also Like

  • adetruna
    April 22, 2012 at 3:39 pm

    salut sama kemampuan kamu, masih muda dan pinter uatk-atik CSS dan teman2nya :) SUKSES YA?!

  • arimjie blog
    April 22, 2012 at 10:47 pm

    semangat bro, suka duka adalah hal yang wajar.. buat teman yang iri ke sobat yang sempat disinggung di atas semoga mendapat hidayah.. hehehe…

    salam kenal bro.. “arimjie blog”