Negeriku, Negeri Para Penipu

stop korupsiTidak tahu apa yang membuat saya menulis postingan kali ini, hanya terlintas begitu saja di kepala. Negeriku, Negeri Para Penipu, itulah kalimat yang bisa dibilang tepat sekali untuk mencerminkan tingkah laku oknum petinggi negara di negeriku. Mengapa demikian? Karena tidak sedikit kabar yang (selalu) memuat dan membahas tentang tindak korupsi dan sejenisnya yang “didalangi” oleh oknum dari petinggi negara. Mungkin segelintir orang sudah muak dengan berita yang disajikan di berbagai media mengenai hal tersebut.

tikus berdasi

Disini saya bukan ingin membahas hal itu lagi, melainkan hanya ingin menghilangkan sedikit kejenuhan, baik jenuh akan kabar dari media ataupun kejenuhan saya sendiri yang hanya “parkir badan” diatas kasur, didepan PC. Memberi sedikit hiburan, meski tidak jauh dari topik yang saya tulis ini. Karena itu, saya beritahu/ingatkan salah satu lagu yang pernah populer dimasa nya yang tepat untuk menggambarkan postingan ini, berikut lirik yang saya jadikan paragraf padu.

Kisah usang tikus-tikus kantor. Yang suka berenang disungai yang kotor. Kisah usang tikus-tikus berdasi. Yang suka ingkar janji lalu sembunyi. Dibalik meja teman sekerja. Didalam lemari dari baja.
Kucing datang, cepat ganti muka. Segera menjelma, bagai tak tercela.
Masa bodoh hilang harga diri. Asal tidak terbukti. Ah, tentu sikat lagi.Tikus-tikus tak kenal kenyang. Rakus-rakus bukan kepalang. Otak tikus memang bukan otak udang. Kucing datang, tikus menghilang. Kucing-kucing yang kerjanya molo. Tak ingat tikus kantor. Datang menteror. Cerdik licik. Tikus bertingkah tengik. Mungkin karena sang kucing. Pura-pura mendelik. Tikus tahu sang kucing lapar. Kasih roti jalanpun lancar. Memang sial sang tikus teramat pintar. atau mungkin sikucing yang kurang ditatar. Tikus Kantor – Iwan Fals

Ya, lagu ini memiliki makna yang sangat mendalam. Mengapa? Coba anda baca, dan perhatikan, dan baca/nyanyikan secara berulang. Anda akan menemukan arti yang tergores dari lirik lagu tersebut. Satu lagi yang membuat saya tidak percaya, masih ingat dengan salah satu kasus yang pernah menjadi headline di beberapa media? Perhatikan gambar dibawah ini !

dpr nonton

Dan saya teringat potongan lirik dari lagu yang juga karya Iwan Fals berikut ini.

Saudara dipilih bukan dilotre. Meski kami tak kenal siapa saudara. Kami tak sudi memilih para juara. Juara diam juara he’eh. Juara ha ha ha. Wakil rakyat seharusnya merakyat. Jangan tidur waktu sidang soal rakyat. Wakil rakyat bukan paduan suara. Hanya tau nyanyian lagu setuju. Surat untuk wakil rakyat – Iwan Fals

Semoga ada pelajaran yang kita dapat dari membaca dan memaknai postingan ini. Dan harapan serta aspirasi rakyat bisa terwujudkan dengan baik.

Sumber dan referensi
  • Google images

45 Responses

  1. hahaha… saya sudah males bahas pemerintah…!!! semuanya cuma omong kosong. dah bnyk seal sindiran2 tp emang dasarnya gitu! ya gimana lagi kita cuma bisa menghujat N gak di pedulikan…

    hmmm mousenya masih te2p ad foto?

  2. dan lagu itupun masih berlaku sampai sekarang, ibarat keywod itu adalah kiwod abadi yang ntah sampai kapan kiwod tersebut akan tergeser dari posisinya, seperti halnya para petinggi negeri ini, ntah sampai kapan aan berubah

  3. Sangat menyedihkan…. memang di negara kita ini korupsi sudah jadi hal yang bisa.. dan jarang ada orang yang mau menjadi orang yang luar biasa dengan cara tidak korupsi..

  4. ada yang ngeritik pemerintah neh….

    tp jaman sekarang serba terbuka,,,semangat aja…

    btw..mungkin alangkah baiknya mas perhatikan kontras warna yang terdapat pada homepagenya mas ijal,,,karena mungkin kurang bisa terbaca kalau warna #2F2F2F dikombinasikan dengan warna #00000, karena warnanya hampir sama, kalau bisa kombinasikan warna yang kontras..maaf klo org oot ngasih saran:)

  5. ya ini saya lagi nedumel aja, mungkin bisa dibilang kritik namun secara halus :p .

    iya benar, tapi memang belakangan ini blm sempat edit tampilan, oke deh thanks masukkannya. πŸ™‚

  6. Bosen πŸ™ denger korup lagi korup lagi.. ngga ada abisnya..

    Iwan fals lagu-lagu nya selalu mempunyai arti yg mendalam selalu menyindir secara halus orang-orang pada lirik lagunya . Saya suka πŸ™‚ hehe

  7. lo saya lagi asik nonton beritaaa ada informasi yang berguna tapi tiba2 ada berita tentang politik dan para pemerintah saya langsung ganti chanel , apa mas bro semua pada kaya gitu ga? apa itu membuktikan bahwa pemerintahan tidak ada yang bisa membuat bangga rakyatnya

  8. haha,, wakil rakyat sekarang tujuan utamanya memperkaya hartanya sendiri, bukan memperkaya rakyatnya. Wakil rakyat harusnya merakyat jangan sampe rakyat harus merakyat ke wakil rakyat alias unjuk rasa ke gedung DPR.
    Salam kenal dari aku septine. ditunggu kunjungannya serta komentarnya